detiksport
Follow detikSport
Senin, 15 Okt 2018 11:24 WIB

Perenang Iran Jadi Atlet Terbaik dan Fakta Menarik Lain dari Asian Para Games

Femi Diah - detikSport
Perenang Iran, Shahin Izadyar, jadi atlet tersukses Asian Para Games 2018.  (INAPGOC) Perenang Iran, Shahin Izadyar, jadi atlet tersukses Asian Para Games 2018. (INAPGOC)
Jakarta - Asian Para Games 2018 di Jakarta usai. Perenang Iran, Shahin Izadyar, menjadi atlet tersukses dalam pesta olahraga itu, juga tercipta catatan menarik lain.

Asian Para Games ditutup Sabtu (13/10) setelah pagelaran delapan hari. Ajang itu diikuti 2.762 atlet, yang tampil di 512 nomor pertandingan yang memperebutkan medali emas dan 16 nomor tanpa medali. Mereka berasal dari 43 negara.

Di antara atlet-atlet itu, Izadyar dinobatkan sebagai atlet terbaik. Perenang Iran, yang tampil pada klasifikasi S10 (tunadaksa) itu, mengoleksi enam medali emas; 100 meter gaya punggung, 100 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya bebas, 200 meter gaya ganti, 100 meter gaya dada (SB9), dam 50 meter gaya bebas.




Selain itu, sejumlah data dan fakta menarik tercatat dari Asian Para Games 2018. Berikut rangkumannya:

172 - Jumlah koleksi emas China sebagai juara umum. China juga meraih 88 perak dan 59 perunggu.

5 - Ada lima negara yang untuk kali pertama menuai medali emas Asian Para Games, yakni Oman, Kuwait, Filipina, Timor Leste, dan Laos.

11 - Sebanyak 11 negara tak meraih medali di Asian Para Games 2018, yakni Afganistan, Bhutan, Brunei darussalam, Kamboja, Korea Utara, Kirgizstan, Lebanon, Nepal, Palestina, Tajikistan, dan Yaman.

6 - Shahin Izadyar dinobatkan sebagai atlet terbaik dengan raihan enam medali emas dari renang.

4 - China, Jepang, Iran, dan Korea Selatan selalu finis empat besar dalam tiga kali Asian Para Games.

8 - Atlet dari delapan negara sukses memecahkan rekor Asian Para Games, yakni dari Uzbekistan, Jepang, China, Iran, Mongolia, India, Malaysia, dan Yordania.

5 - Indonesia, sebagai tuan rumah, finis di urutan kelima dengan koleksi 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.



Simak Juga 'Aksi Nyeni Para Difabel di Thamrin':

[Gambas:Video 20detik]


(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed