detiksport
Follow detikSport
Rabu, 17 Okt 2018 22:00 WIB

Pesan Syuci Indriyani dan Atlet Asian Para Games untuk Masyarakat Indonesia

Femi Diah - detikSport
Foto: Hendra/INAPGOC Foto: Hendra/INAPGOC
Jakarta - Perenang Indonesia di Asian Para Games 2018, Syuci Indriani, mengajak masyarakat untuk takmermajinalkan penyandang disabilitas. Begitu pula atlet lainnya.

Atlet-atlet nasional sudah menuntaskan Asian Para Games 2018. Syuci meraih dua emas, 100 meter gaya dada dan 200 meter gaya ganti putri, perak dari 100 meter putri gaya kupu-kupu, dan perunggu 200 meter gaya bebas.

Begitu pula sprinter tunanetra Abdul Halim Dalimunthe. Halim mengoleksi dua perak dari lari 100 meter dan 200 meter.




Mereka menyimpan harapan kepada masyarakat Indonesia. Apa itu?

"Untuk rakyat Indonesia dukung kami kaum difabel, kami ini sama kayak kalian juga. Ayo saling mendukung," kata Syuci dalam Mata Najwa di Trans7.

"Mudah-mudahan dari Asian Para Games, khususnya untuk masyarakat Indonesia jangan lagi ada diskriminasi dan perbedaan fasilitas di tempat umum untuk kaum disabiitas. Bantu kami dengan menganggap kami memiliki hak yang sama seperti kalian," Abdul Halim.

Harapan berbeda disampaikan Debi Ariesta, atlet catur yang mengoleksi tiga medali emas Asian Para Games. Merujuk pengalamannya, yang menderita katarak dan menjadi tunanetra pada usia 11 tahun hingga ingin mengakhiri hidup, meminta agar orang tua berlapang dada menerima anak yang disabilitas.

"Saya sampaikan ini kepada masyarakat yang memiliki anak atau saudara yang kekurangan jangan disembunyikan. Kalau bisa anak-anak dan saudara itu dimotivasi dan diberikan inspirasi kepada mereka," ujar dia.




Simak juga video 'Mengenal Olahraga Penyandang Disabilitas 'Boccia' Lewat Film'

[Gambas:Video 20detik]

(fem/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed