detiksport
Follow detikSport
Kamis, 18 Okt 2018 21:18 WIB

Kemenpora Alihkan Fokus ke SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020

Mercy Raya - detikSport
Foto: Menpora Imam Nahrawi. (Noval-detikcom) Foto: Menpora Imam Nahrawi. (Noval-detikcom)
Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera mengalihkan fokus menghadapi SEA Games 2019 Filipina dan kualifikasi Olimpaide. Evaluasi Asian Games 2018 pun segera dilakukan.

Indonesia merampungkan Asian Games 2018 dengan hasil sip, finis di peringkat keempat. Untuk menggapai posisi itu, kontingen Merah Putih mengoleksi 98 medali; 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil tersebut melampui target yang dipatok pemerintah yang mengharapkan meraih 16 sampai 20 medali emas.

Agar hasil positif itu berlanjut, Menpora Imam Nahrawi menginstruksikan seluruh induk cabor agar tak berlama-lama mengistirahatkan atletnya. Apalagi, anggarannya masih ada.


Baca Juga: Ingin Jaga Momentum Asian Games, Menpora Tekankan Poin-Poin Ini


"Sudah bisa dimulai (pelatnasnya), karena anggarannya sudah disiapkan untuk SEA Games maupun jangka panjang Olimpiade Tokyo 2020. Kemarin kan berlaku 12 bulan jadi tak boleh jeda. Seperti bola voli Asian Games kemarin sudah cukup lah tim bola voli Asian Games diistirahatkan, sekarang panggil lagi pelatnas lagi lah. Toh anggarannya masih ada," kata Imam.

Sementara itu, Deputi IV Kemenpora, Mulyana, mengatakan Kemenpora akan lebih dulu melakukan evaluasi Asian Games kepada seluruh induk cabor. Sebab, evaluasi menjadi dasar perencanaan menuju dua event penting lainnya di tahun 2019.

"Tentu dengan perencanaan itu ada proposal. Proposal itu kami akan terima pada saat setelah ada sosialisasi terkait bagaimana menyusun, targetnya kemana, arahnya kemana, dsb," tutur Mulyana terpisah.

Jadi proposal akan diajukan pada November kemudian diverifikasi dan bulan berikutnya mulai penandatanganan nota kesepahaman. Sehingga Januari induk sudah mulai menerima anggaran tahun 2019. Termasuk melakukan uji coba dan kualifikasi.

"Tentu kesempatan paling banyak cabor yang dipertandingkan di Olimpiade. Untuk bisa meningkatkan kemampuan diperlukan adanya training camp, uji coba, dsb," katanya.


Baca juga: Asian Games Sukses, Pemerintah Akan Naikkan Anggaran Pelatnas


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed