detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 19 Okt 2018 16:35 WIB

Usai Asian Games, Angkat Besi Tancap Gas ke Kejuaraan Dunia

Mercy Raya - detikSport
Eko Yuli Irawan akan naik kelas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018. (Agung Pambudhi/detikSport)
Jakarta - Tim nasional angkat besi tengah menggeber persiapan menuju Kejuaraan Dunia 2018. Di ajang tersebut Eko Yuli Irawan cs mematok target minimal delapan besar.

Usai mengikuti Asian Games 2018, lifter nasional ditunggu Kejuaraan Dunia Angkat Besi, yang sekaligus menjadi kualifikasi menuju Olimpiade 2020 Tokyo ini. Ajang itu berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan, 1-10 November 2018.

Pelatih nasional angkat besi, Dirdja Wihardja, mengatakan PB PABBSI akan menurunkan sepuluh lifter, yang terdiri dari lima lifter putra dan lima putri. Mereka adalah Eko Yuli Irawan, Triyatno, Deni, Surahmat, Rahmat Erwin Abdullah, Yolanda Putri, Sri Wahyuni Agustiani, Syarah Anggraini, Acchedya Jagaddhita, dan Nurul Akmal.




Satu tantangan menunggu Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat dan Angkat Besi (PB PABBSI) di kejuaraan dunia itu. Kali ini, seluruh lifter yang diturunkan akan menjajal kelas baru.

Selain itu, aturannya pun berbeda. Perhitungan poin tidak lagi melalui negara tapi masing-masing lifter harus mampu bekerja keras untuk mencari poin individu.

"Sejauh ini kami terus evaluasi dan adaptasi dengan kelas yang baru. Karena secara pemetaan juga baru jadi belum tahu seperti apa. Siapa yang paling dominan," kata Dirdja kepada detikSport, Jumat (19/10/2018).

"Saat ini yang terpenting adalah berat badan masing-masing lifter. Sebab, seperti Eko Yuli Irawan kan turun kelas dari 62 kg ke 61 kg. Tentu porsi latihannya akan sama seperti sebelumnya tapi berat badannya harus dipas ke kelas barunya," ujar dia.

"Yang jelas untuk pola makan sudah rutin. Eko juga sudah berpengalaman tentu dia lebih mengerti untuk menjaga pola makannya. Dia sudah me-maintenance dari awal Oktober dari 66 kg, pekan ini 65 kg, minggu depan 63 kg. Saat berangkat sekian, di sana juga ada sauna. Kita di sana empat hari jadi harusnya bisa," dia menambahkan.

Dirdja berharap lifter Indonesia mampu mencapai delapan besar. Itu demi memudahkan langkah di ajang berikutnya untuk pengumpulan poin olimpiade.

Daftar lifter Indonesia ke Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018:

Putri
Kelas 49 kg: Yolanda Putri, Sri Wahyuni Agustiani

Kelas 55 kg: Syarah Anggraini

Kelas 58 kg: Acchedya Jagaddhita

Kelas +87 kg: Nurul Akmal

Putra
Kelas 61 kg: Eko Yuli Irawan, Surahmat Bin Suwoto Wijoyo

Kelas 67 kg: Deni

Kelas 73 kg: Triyatno, Rahmat Erwin Abdullah




(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com