detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Nov 2018 20:50 WIB

Pelari Ethiopia dan Kenya Menangi Lomba Lari Wisata Protar di Blitar

Erliana Riady - detikSport
Lomba lari Protar di Blitar. (Foto: Erliana Riady/detikSport) Lomba lari Protar di Blitar. (Foto: Erliana Riady/detikSport)
Jakarta - Dareku Demelash Aberar tampil sebagai juara di lomba lari wisata Proklamator-Penataran (Protar) di Blitar. Pelari asal Ethiopia itu juara di nomor 10km internasional.

Aberar juara usai mencatatkan waktu 34 menit 12 detik. Sementara di kategori putri, gelar juara diraih Chyntia Chelangiat Towwet dari Kenya dengan catatan waktu 38 menit 19 detik.

Lomba lari dengan jarak 10km ini merupakan event tahunan yang diadakan Pemkab Blitar. Para peserta berasal dari kalangan atlet, pelajar, dan masyarakat umum.

"Tahun ini, lomba lari Protar sudah yang keenam kalinya. Saya melihat dari tahun ke tahun pesertanya terus bertambah. Tahun ini, pesertanya sekitar 3.000 orang. Ada 10 atlet dari luar negeri juga. Ini luar biasa," kata Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya, Minggu (11/11/2018).

Pada kategori umum putra, medali juara diraih Pratu Malau dari Yonif 511 dengan catatan waktu 37 menit 33 detik. Sedangkan Yulianingsih dari Mojokerto finis pertama di kategori umum putri dengan catatan waktu 43 menit 2 detik.

Di kelas pelajar putra, Miftahul Rizali dari SMKN 1 Blitar jadi yang tercepat dengan catatan waktu 43 menit 22 detik. Ika Fitriasari dari MTsN 3 Blitar menyabet gelar juara di kategori putri, dengan catatan waktu satu jam 53 detik.

Lomba lari ini sekaligus mengusung misi memperkenalkan potensi wisata di Blitar, selain untuk menjaring atlet-atlet muda. Start dan finish lomba lari berada di tempat wisata yang menjadi ikon Blitar, yaitu di kawasan Makam Bung Karno dan Candi Penataran.



Pelari Ethiopia dan Kenya Menangi Lomba Lari Wisata Protar di Blitar
(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed