detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 17 Nov 2018 10:16 WIB

Peduli Lingkungan, 7.500 Pelari Akan Ramaikan Pertamina Eco Run

Akfa Nasrulhak - detikSport
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Dalam rangka memperingati HUT ke-61 PT Pertamina (Persero), Pertamina kembali menggelar event Pertamina Eco Run. Ajang lomba lari yang memasuki tahun kelima ini mengangkat tema "Galang Energi Lestarikan Negeri".

Vice President Corporate Communication Adiatma Sardjito mengungkapkan, melalui Eco Run ini, selain mengkampanyekan gaya hidup sehat, juga mendorong masyarakat agar dapat memahami pentingnya penggunaan BBM berkualitas yang rendah emisi untuk menjaga lingkungan. Dengan menggunakan BBM berkualitas, maka ikut pula berkontribusi dalam keberlangsungan pelestarian lingkungan.

"Jadi konsepnya ini kan Eco Run ya, kita upayakan sekarang untuk gaya hidup sehat. Nah Pertamina mengajak pelari untuk hidup sehat, juga dengan menggunakan bahan bakar yang sehat pula dan berkualitas, yaitu dengan Pertamax Turbo yang sulfurnya di bawah 50," ujar Adiatma dalam pres conference Pertamina Eco Run 2018 di Eat & Eat FX Sudirman, Jakarta, Jumat (16/11/2018).



Selain itu, melalui kegiatan ini Pertamina juga akan mendonasikan sebagian biaya registrasi Pertamina Eco Run 2018 untuk pelestarian Gajah Sumatera dan Elang Bondol. Sebelumnya, Pertamina Eco Run 2017, donasi diberikan untuk kelestarian satwa yang hampir punah yaitu Tuntong laut dan Owa jawa.

"Tahun lalu dapat dana Rp 920 juta, yang Rp 460 jutanya untuk Tuntong, dan sisanya lagi untuk satwa Owa," jelasnya.

Event yang akan digelar di Q-BIG BSD City, Tangerang Selatan, 9 Desember 2018 itu diprediksi diramaikan oleh 7.500 pelari. Mereka berkesempatan memperoleh hadiah dan doorprize bernilai total ratusan juta rupiah.

"Perbedaan Pertamina Eco Run tahun ini akan lebih meriah dengan adanya kategori baru, yakni fun run 1,5 km yang bernama Pertamina Dex Kids Run untuk anak-anak berusia 6-12 tahun," ujar Adiatma.



Namun tentunya kategori Pertamax 5 km Fun Run dan Pertamax Turbo 10 km Race Run akan tetap hadir di Pertamina Eco Run 2018. Selain itu, ada juga penambahan kategori Open pada Pertamax Turbo 10 Km Race Run yang dapat diikuti oleh Warga Negara Asing (WNA).

"Selain itu ada pelari dari luar negeri, sampai saat ini sudah ada 18 negara yang daftar," ujarnya yang didampingi oleh Pembalap Drag Race Avanza Xenia Club, Chairul Murya Putra dan Satrio dari I am Road Runner (IMRR).

Rangkaian acara akan dimulai sejak pukul 05.00 WIB untuk pemaparan safety briefing dan pembukaan, dilanjutkan dengan start dari setiap kategori dan dilengkapi oleh hiburan dari band papan atas tanah air pada acara entertainment yang dapat dinikmati oleh seluruh partisipan.

Pendaftaran sudah dibuka dimulai sejak 15 Oktober 2018 sampai 25 November 2018. Sementara untuk harga pendaftaran untuk kategori Pertamina Deks kids run 1,5K sebesar Rp 150 ribu, kategori Pertamax 5K Fun Run sebesar Rp 200 ribu, dan kategori Pertamax Turbo Fun Run 10K sebesar 250 ribu. (mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed