detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Nov 2018 17:31 WIB

Atlet Calon PNS Pasti Lulus dan Tak Perlu 'Ngantor' Tiap Hari

Mercy Raya - detikSport
Foto: Dok. PBSI Foto: Dok. PBSI
Jakarta - Atlet yang mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa bernapas lega. Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk dipastikan lulus dan tak perlu ke kantor.

Kemenpora menggelar tes CPNS kepada para atlet peraih medali di SEA Games dan Asian Games 2018. CPNS menjadi salah satu penghargaan yang diberikan pemerintah atas prestasi yang sudah mengharumkan nama bangsa.

Namun, tes CPNS yang digelar ini berbeda dengan masyarakat umum. Para atlet melewati jalur khusus dan mendapatkan keistimewaan lain.

"Kemarin saya sudah bocorkan, apapun hasilnya meski nilai nol koma nol sekian-sekian itu mereka lulus. Namanya juga jalur khusus, kalau tidak lulus apa gunanya jika mereka sudah jadi juara? Lalu mereka tidak dapat," kata Gatot ketika ditemui di ruangannya, Lantai 3 Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (29/11/2018).


"Tetapi saya bilang file test ini akan saya berikan ke masing-masing cabor. Jadi mereka punya data base dari kemampuan atlet," dia menambahkan.

Menyoal penempatan atlet, Gatot menjelaskan, nama-nama mereka akan lebih ditampung di Kemenpora kemudian disalurkan ke Kementerian Lembaga.

"Setelah itu biasanya diminta ke beberapa Kementerian Lembaga. Misalnya, Jakarta minta banyak banget, saya tahu alasan mereka biasanya karena PON. Kemudian beberapa daerah juga minta dari KL dan kami harus melepas karena jika tidak melepas ada yang keterikatan daerah dsb," ucap dia menjelaskan.

Namun dia menjamin setiap daerah tak akan mengambil semua calon PNS meski tidak ada Undang-Undang yang mengatur soal pembatasan itu.

"Hal kedua lainnya, mereka tidak setiap harus harus ngantor. Yang jelas mereka punya status sebagai pegawai negeri," ujar dia.



(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×