detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Nov 2018 13:20 WIB

Atlet CPNS Dapat Gaji Dobel

Mercy Raya - detikSport
Foto: Dok. PBSI Foto: Dok. PBSI
Jakarta - Atlet bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lewat jalur prestasi. Jika masih berstatus pelatnas, gaji dobel pun didapatkan.

Atlet-atlet peraih medali di SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade tak hanya diapresiasi bonus dengan nilai wow. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi PNS.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan atlet tak perlu khawatir kehilangan pendapatan sebagai anggota pelatnas jika menjadi PNS. Mereka justru bisa mendapatkan pemasukan dobel.

"Mereka tetap berhak, mereka tetap digaji. Karena acuannya berbeda, yang satu gaji sebagai Aparatur Negeri Sipil meski masih calon PNS, satu lagi gaji yang diatur dalam Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) atlet," kata Gatot kepada detikSport, Jumat (30/11/2018).


"Tak ada persoalan karena haknya sesuai dengan profesi yang dilakukannya. Tapi, ada surat Menteri Keuangan kepada Menpora waktu itu yang mengacu atas permintaan Menpora tentang aturan penetapan SBML. Masih ingat enggak Satlak Prima SBML-nya berapa? Gajinya berapa, seperti atlet elite internasional Rp 15 juta. Kurang lebih seperti itu," Gatot menjelaskan.

Namun, kata Gatot, nominal gaji yang diterima atlet saat berstatus ASN tak sama dengan uang saku yang diberikan pemerintah ketika mereka menjadi atlet.

"Gaji ASN mereka (atlet) sama seperti gaji PNS lainnya di seluruh Indonesia mengikuti jabatannya. Karena mereka bukan ASN spesial hanya jalur masuknya saja yang khusus tapi penerapannya sama. Nanti menerima pensiunnya juga sama," tuturnya.

"Perbedaan lain tak ada. Tapi, bagi mereka itu sudah bahagia. Ibaratnya kata orang tinggal merem (pejam mata) saja, tinggal mereka latihan saja. Tidak perlu pagi sore datang absen, tak perlu ke kantor seperti biasanya," dia menegaskan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed