detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Des 2018 07:42 WIB

Prestasi Perenang Pelatnas Menurun di Indonesia Terbuka 2018

Mercy Raya - detikSport
Indonesia Open Aquatik Championship 2018Foto: Mercy Raya/Detikcom Indonesia Open Aquatik Championship 2018Foto: Mercy Raya/Detikcom
Jakarta - Prestasi perenang pelatnas menurun di kejuaraan Indonesia Open Aquatik Championship 2018. Gagarin Nathaniel Yus, salah satunya.

Gagarin menjadi salah satu peserta yang ikut dalam Indonesia Terbuka. Kejuaraan ini juga menjadi salah satu seleksi awal Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menuju pelatnas dan SEA Games 2019.

Gagarin yang turun di nomor 50 meter gaya dada putra hanya mampu berada di urutan kedua dalam lomba yang berlangsung di Stadion Akuatik, Senayan, Senin (3/12/2018), atau hari ketiga pelaksanaan kejuaraan.

Gagarin hanya mencatatkan waktu 28,89 detik. Dia kalah bersaing dengan perenang nonpelatnas Muhammad Fachri yang membukukan 28.57 detik. Sementara peringkat tiga diraih Dennis Tiwa yang membukukan waktu 29,07 detik.

Saat di Asian Games, dia mampu membukukan 28.37 detik saat turun di Asian Games 2018. Gagarin mengaku selepas Asian Games dirinya belum maksimal berlatih. Sehingga mempengaruhi perfomanya ketika lomba.




Dia berdalih kurang latihan karena juga harus memperkuat DKI Jakarta tampil pada kejuaraan di Jepang, pekan lalu.

"Hasil ini tentu menjadi tantangan. Saya harus latihan lagi untuk melawan kemalasan," kata Gagarin.

"Berdasarkan rangking saat ini mungkin turun, tapi belum tahun juga ke depannya. Sebab, tahun depan juga ada trial khusus," tambahnya.

Gagarin tetap optimistis bisa kembali masuk Pelantas menuju SEA Games 2019 Manila. Ia akan berusaha meningkatkan performanya untuk seleksi berikutnya.

Berbeda dengan Gagarin, perenang putra Aflah Fadlan Prawira tampil impresif di hari ketiga penyelenggaraan. Dia merebut dua medali emas dari nomor 200 meter gaya bebas dan 200 meter gaya kupu-kupu.

Perenang berusia 18 tahun, Azzahra Permatahani, juga berhasil menyabet emas pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri (02.16.39). Azzahra dari klub Belibis mampu mengungguli perenang Aquarius, Adinda Kusuma Ningrum yang meraih perak (02.18.37), dan Hanna Christina yang membela klub Paswind meraih perunggu (02.26.04).





(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed