detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 09 Jan 2019 22:34 WIB

PB ISSI Siap-Siap Saja Turunkan Atlet Muda di SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Balap sepeda siap jika harus menurunkan atlet muda di SEA Games 2019 (Foto: Pradita Utama) Balap sepeda siap jika harus menurunkan atlet muda di SEA Games 2019 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) tak masalah dengan kebijakan pemerintah terkait komposisi atlet di SEA Games 2019. Atlet unggulan mereka justru banyak yang masih muda.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta agar kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 diisi mayoritas atlet muda. Ia ingin persentase senior-junior sebesar 40:60.

Menanggapi hal itu, ISSI tak khawatir. Sebab kebetulan atlet unggulannya justru rata-rata masih muda.


"Saya sepakat karena hampir rata-rata atlet balap sepeda kami yang unggulan usianya di bawah 22," kata manajer tim balap sepeda Budi Saputra, di Velodrome, Rawamangun, Rabu (9/1/2019).

"Tapi apakah ini yang dimaksud 60:40 juniornya mau diangkat atau atlet elite yang usia muda maka harus jelas batasannya seperti apa,"

"Kemarin bukan belum jelas tapi harus ditentukan saja maksimal usianya berapa," tambahnya.

Di beberapa cabang olahraga, SEA Games menjadi salah satu ajang pengumpulan poin Olimpiade 2020. Contohnya angkat besi. Namun di balap sepeda, hal itu belum berlaku.

"Sejauh ini belum. Tapi kalau pun iya (sebagai ajang pengumpulan poin) tidak masalah. Seperti yang saya katakan meskipun atlet muda apapun hasilnya tetap mendapat poin Olimpiade," kata pelatih kepala timnas sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo.

(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed