detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 10 Jan 2019 23:01 WIB

Kejuaraan Asia Balap Sepeda

Kejutan! Angga Dwi Wahyu Prahesta Sumbang Medali Emas

Mercy Raya - detikSport
Angga Dwi Wahyu Prahesta meraih medali emas di Asian Track Cycling Championship (ACC) 2019 (Foto: Pradita Utama) Angga Dwi Wahyu Prahesta meraih medali emas di Asian Track Cycling Championship (ACC) 2019 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Pebalap junior Indonesia Angga Dwi Wahyu Prahesta tampil mengejutkan di Asian Track Cycling Championship (ACC) 2019. Dia merebut emas di nomor balapan scratch.

Angga bersaing dengan sembilan pebalap lainnya di Velodrome, Rawamangun, Kamis (10/1/2019). Dia meraih emas usai mengungguli pebalap India Venkappas Kengalagutti dan pebalap Taiwan Chih Sheng Chang.

Ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Sebelumnya, belum ada pebalap junior Indonesia yang memenangi kejuaraan Asia di nomor apa pun.


Kepala pelatih balap sepeda Dadang Haris Purnomo bangga atas hasil kerja keras atletnya. Apalagi Angga sendiri tak diungguli oleh federasi.

"Kami tak ungguli ini hanya untuk menambah jam terbang anak-anak junior kita. Jadi kalau dikatakan persiapan sangat singkat dan kita hanya punya tekad saja. Dalam arti ini menjadi pengalaman dia, dan ternyata apa yang kita kerjakan selama ini, beberapa pekan lalu kami kirim training camp di India selama tiga pekan sebelum ikut kejuaraan ini meraih hasil yang luar biasa," kata Dadang dengan mata berkaca-kaca kepada pewarta usai menyaksikan atletnya juara.

Dari pantauan detikSport, tim ofisial Indonesia memang begitu semangat mendukung Angga ketika balapan. Mereka bersorak-sorai ketika Angga sukses mengungguli yang lain.

"Tidak percaya karena ini menjadi sejarah junior kita sepanjang ada Kejuaraan Asia di nomor apapun. Ini pembuktian kami pembinaan di PB ISSI bahwa kami melaksanakan tugas untuk memberikan penerus. Pembinaan jalan lah dan kami bisa membuktikan itu," dia menjelaskan.


Untuk seterusnya, Angga akan dikirim ke sejumlah uji coba untuk mematangkan skill-nya.

"Jadi kami memang ada rencana mengirim dia try out jika hasil dari ACC ini bagus. Dan (ternyata) progres dia memang bagus," tambah dia.

Di ACC 2019, Angga turun di nomor omnium dan poin race. "Semoga di poin race dia bisa lebih baik lagi," harap Dadang.

Sebelumnya, Chrismonita Dwi Putri juga menyumbang medali perunggu di nomor balapan 500 meter Time Trial.

(nds/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed