detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 13 Jan 2019 14:15 WIB

Momen Mengerikan, Penonton Reli Dakar Terlindas Truk

Doni Wahyudi - detikSport
Truk peserta Reli Dakar melindas seorang penonton (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Jakarta - Andrey Karginov didiskualifikasi dari Reli Dakar. Dia dilarang melanjutkan event tersebut lantaran tidak berhenti usai melindas seorang penonton.

Dikutip dari Channel News Asia, Andrey Karginov didiskualifiaksi setelah dia melindas seorang penonton saat Reli Dakar melintasi pada pasir di Peru pada etape kelima. Memperkuat Team Kamaz, Karginov mengendarai Kamaz 4326 yang berbobot 16.000 kg.

Pihak penyelenggara mendiskualifikasi juara Reli Dakar tahun 2014 itu karena dia tak berhenti usai melindas penonton. Sebelum didepak dari kejuaraan, Karginov duduk di posisi tiga klasemen keseluruhan kategori truk.



Meski terlindas truk, penonton malang itu masih terselamatkan. Dia menderita patah tulang femur dan langsung diterbangkan menggunakan helikopter ke rumah sakit.

Bos Tim Kamaz, Vladimir Chagin, memprotes keputusan penyelenggara balapan yang mendiskualifikasi drivernya. Dia beralasan Karginov tidak melihat penonton tersebut, pun begitu penonton yang terlindas juga berada di area terlarang.

Setidaknya ada lima penonton yang nyaris tertabrak truk milik Karginov. Saat empat orang lain berhasil menghindar, satu di antaranya telat bereaksi dan terlindas di bagian kaki.



"Saat itu dia sedang membalap di salah satu trek menanjak, ada sekelompok penonton terdiri dari lima orang di lintasan truk. Empat orang berhasil menghindar tapi salah satunya terjebak di pasir dan kakinya kemudian terlindas ban belakang truk," terang Chagin.

"Andrey tidak melihat ini - itu lintasan menanjak dan yang bisa Anda lihat melalui kaca hanya langit dan puncak gunung - jadi dia baru mengetahui kejadian itu saat sampai," lanjut dia. (din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com