detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 04 Feb 2019 20:45 WIB

Kesalahan Administrasi, Angkat Besi Cuma Kirim 4 Lifter ke Thailand

Mercy Raya - detikSport
Triyatno akan mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo di Thailand. (Agung Pambudhy/detikSport) Triyatno akan mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo di Thailand. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Angkat besi Indonesia kembali menjalani kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo. Kali ini, lifter nasional bakal tampil di Kejuaraan Internasional Angkat Besi di Thailand.

PB Persatuan Angkat Berat dan Angkat Besi (PABBSI) mengirimkan empat lifter dalam kejuaraan yang berlangsung 9-11 Februari tersebut. Mereka adalah Deni (67 kg), Triyatno (73 kg), Acchedya Jagaddhita (58 kg), dan Nurul Akmal (+87 kg).

Pelatih pelatnas angkat besi, Supeni, mengatakan sebenarnya ada tiga lifter putri yang diikutsertakan. Tapi, karena kesalahan administrasi sehingga Syarah Anggraini batal.


"Jadi hanya empat saja, dua putri dan dua putra. Sarah ada kesalahan di form. Mungkin bisa ditanyakan ke Kabid Binpres, yang jelas ada kesalahan," kata Supeni kepada detikSport di Mess Kwini, Jakarta.

Supeni mengatakan kondisi atletnya, khusus putri masih 95 persen. Tapi, diharapkan saat turnamen yang akan berlangsung lima hari lagi bisa memberikan hasil maksimal.

"Kami berharapnya mereka bisa memperbaiki total angkatan karena dari pengurus belum ada target khusus. Tapi ini event penting untuk memperbaiki poin, saya harap total angkatannya bisa lebih baik dari Kejuaraan Dunia kemarin," Supeni menjelaskan.

Dari hasil Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 di Ashgabat, Turkmenistan, Indonesia yang menurunkan sepuluh lifter, hanya Eko Yuli Irawan yang menyumbang medali emas.

Deni dan Acchedya masuk di babak delapan besar. Sedangkan Nurul dan Triyatno berada di posisi yang juga sama 14 besar dunia.

"Harapan kami bisa tetap 8 besar. Kami berangkatkan untuk mempertahankan, kalau Nurul memang harus dikatrol sampai urutan 8 dan harus dijalani sampai enam kali seri. Ya, harus pintar-pintar cari seri yang menguntungkan atlet kami," ujar dia.

"Karena negara lain juga ikut seri yang sama. Jadi harus diikuti terus enam seri tersebut (agar tidak tergeser)," kata dia.

Tim angkat besi akan bertolak ke Thailand Selasa (5/2/2019) pukul 04.00 WIB.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed