detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 07 Feb 2019 18:32 WIB

Kelik Wirawan Wardana Pimpin PP Perpani

Mercy Raya - detikSport
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Aditya Pradana Putra/bmz/18 Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Aditya Pradana Putra/bmz/18
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) memiliki ketua baru. Adalah Kelik Wirawan Wardana yang terpilih memimpin organisasi tersebut, menggantikan Titiek Soeharto yang sudah habis masa pengabdiannya.

Wirawan terpilih dalam Musyawarah Nasional yang digelar Desember 2018. Dia mendapat 28 suara dari 31 suara Pengurus Provinsi. Usai terpilih, Wirawan pun resmi dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman dengan masa jabatan 2019-2022.

Seremoni dilakukan di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Senayan, pada Kamis (7/2/2019). Hadir seluruh pengurus PP Perpani dan para atlet panahan seperti Riau Ega Agatha Salsabila dan Diananda Choirunisa.



"Insya Allah setelah ini pengurus akan segera rapat besar lagi. Kami punya agenda utama yaitu pelatnas untuk SEA Games. Kami juga sedang menyusun agenda tahapan-tahapan untuk pembinaan dan pencarian atlet tahun-tahun berikutnya," kata Kelik, yang juga staf ahli Kementerian Kehutanan ini.

"Kemudian ke depan menuju Olimpiade. Kami sedang memikirkan format baru kemungkinan penambahan alat baru lagi yang bisa bersaing dengan atlet hasil pelatnas SEA Games ini. Jadi kami padukan hanya formulanya masih kami godok," dia menjelaskan.

Kelik juga menuturkan bahwa akan ada pembaruan-pembaruan dalam kepengurusannya. Utamanya dalam hal-hal nonteknis seperti nutrisi, psikolog, hingga rekreasi untuk atlet. Dia berkaca pada pengalamannya sebagai manajer timnas U-16.

"Kami akan beri pelatihan nonteknis kepada atlet. Belajar ketika saya menjadi manajer tim nasional U-16, dalam pelatnas ada sisi hiburan, kesehatan, motivasi, psikologi itu kami hadirkan. Ini penting karena masa pelatnas itu panjang jadi harus dilakukan," ungkapnya.



Untuk target, dia berharap panahan tidak hanya berprestasi tapi juga ramah pada masyarakat.

"Sesuai misi kami, panahan akan kami jadikan olahraga prestasi dan rekreasi yang digemari masyarakat. Prestasi pasti, kami pernah mendapatkan medali perak di Olimpiade, insya Allah kami bersemagnat menuju ke sana," harapnya.

"Yang kedua sebagai rekreasi karena seperti kita tahu saat ini olahraga panahan sangat menjamur di kalangan masyarakat dan dunia pendidikan maupun di klub-klub. Ini sedang kita serap apa-apa yang Perpani bisa manfaatkan. Syukur2 bisa mendapatkan atlet yang lebih kompetitif lagi," dia menambahkan.

Sementara itu, Diananda berharap ketua umum yang baru bisa memberi perubahan bagi cabor juga kebutuhan atlet.

"Inginnya kami atlet bisa lebih banyak kesempatan untuk uji coba di luar negeri dan harapannya panahan Indonesia lebih baik lagi, serta menunjukkan kepada dunia bahwa panahan Indonesia juga bisa bersaing," kata Diananda, terpisah. (mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed