detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 09 Feb 2019 18:55 WIB

Ridwan Kamil: Ada Investor Ingin Bangun Sirkuit di Jabar

Mukhlis Dinillah - detikSport
Ridwan Kamil dan Marc Marquez. (Foto: Mukhlis Dinillah) Ridwan Kamil dan Marc Marquez. (Foto: Mukhlis Dinillah)
Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana membangun sirkuit di kawasan Bandara Kertajati, Majalengka. Sudah ada investor yang berminat untuk membiayai pembangunan lintasan balap motor itu.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan bahwa balap motor bukan lagi hanya sekadar olahraga, melainkan pariwisata. Sehingga, ia sangat mendukung adanya sirkuit baru di Jabar.

"MotoGP, bukan hanya urusan olahraga tapi pariwisata. Saya ada dua investor datang yang minat bikin sirkuit. Saya mendukung," kata Emil usai menerima Marc Marquez di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (9/2/2019).



Menurutnya kawasan Bandara Kertajati sangat ideal untuk pembangunan sirkuit di Jabar. Sebab, kebaradaan sirkut harus dalam kawasan perhotelan.

"Sirkuit ini harus dalam radius perhotelan. Sehingga pariwisata bisa maju. Rencananya di Bandara Kertajati. Supaya orang kalau datang (bandara) gampang," sambungnya.


Jalinan kerja sama dengan investor yang ingin membangun sirkuit bakal dimulai pada tahun ini. Pihak pemerintah bakal menyediakan lahan seluas 200 hektar untuk merealisasikan rencana itu.

"Tahun ini lebih ke MoU. Kami akan menyiapkan 200 hektar. Kemungkinan realisasinya tahun depan," ujar Emil.

Saat ini Jabar sudah memiliki Sirkuit Sentul di Bogor.



(ran/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed