detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Feb 2019 08:49 WIB

Laporan dari Charlotte

Sebelum NBA All Star, Jalan-Jalan Dulu ke NASCAR Hall of Fame

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Nascar Hall of Fame. (Foto: Okdwitya Karina Sari/detikSport)
Jakarta - Menggelar hajatan sebesar NBA All Star memang membanggakan. Namun, ada satu kebanggaan lain dari kota Charlotte, Carolina Utara yaitu NASCAR Hall of Fame.

Detiksport mengunjungi NASCAR Hall of Fame yang terletak di 400 East Boulevard Martin Luther King, Jr, Kamis (14/2/2019) siang waktu setempat. Bangunan tersebut baru dibuka pada Mei 2010 lalu dengan biaya yang kabarnya mencapai 160 juta dolar AS (sekitar Rp 2,25 triliun).

NASCAR Hall of Fame terdiri atas empat lantai. Lantai pertama berupa teater yang memperlihatkan berbagai video kepada pengunjung. Ada beberapa bagian di lantai kedua, namun salah satu yang paling menarik adalah pameran mobil-mobil balap dengan desain ruangan seperti di dalam sirkuit.




Mobil-mobil itu ditata sedemikian rupa dengan tingkat kemiringan 33 derajat, seolah-olah berada di lintasan oval. Kemudian ada juga sebuah layak raksasa yang memperlihatkan video dokumenter dan gambar ribuan penonton yang menyaksikan balapan.

Di lantai ketiga, NASCAR Hall of Fame memamerkan mobil, trofi, baju balap dari pebalap-pebalap terbaik. Salah satunya adalah Jeff Gordon, pemenang lima Piala Sprint dan tiga kali Daytona 500. Pria yang kini berusia 47 tahun itu juga tercatat sebagai pemiliki kemenangan terbanyak (93) di NASCAR era modern.


Sebelum NBA All Star, Jalan-Jalan Dulu ke NASCAR Hall of FameFoto: Okdwitya Karina Sari/detikSport


NASCAR Hall of Fame buka mulai pukul 10.00 dan ditutup pada pukul 17.00. Detiksport mengunjunginya sekitar pukul 10.30. Mungkin karena masih pagi dan bukan hari libur, hanya sedikit orang yang datang.




Setelah membeli tiket dasar seharga 25 dolar AS (Rp 352 ribu), pengunjung akan diberikan tiket fisik yang mesti dipindai saat masuk arena, serta sebuah kartu. Kartu itu digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas interaktif yang disediakan seperti simulasi balapan, melihat bagaimana mobil NASCAR dibangun, bahkan melakoni pekerjaan mekanik saat mobil balap masuk pit stop lengkap dengan hitungan waktunya.

Pengunjung juga punya kesempatan melihat bermacam-macam mesin, onderdil, dan peralatan lainnya yang digunakan sebuah tim peserta NASCAR. Selain itu, ada pula replika truk pengangkut komponen, peralatan, bahkan mobil balap dari kota ke kota.

NASCAR Hall of Fame juga memamerkan mobil merah Lightning McQueen, karakter di film animasi Cars.




"Ya, pertandingan NBA All Star memang menarik. Tapi NASCAR Hall of Fame ini adalah representasi kota Charlotte," ucap seorang pegawai perempuan yang enggan disebut namanya.

Untuk melakukan segala aktivitas yang disuguhkan di dalam NASCAR Hall of Fame akan memakan waktu yang cukup lama. Bagi Anda penggila NASCAR, atau balap mobil pada umumnya, NASCAR Hall of Fame jangan sampai terlewatkan saat mengunjungi Charlotte.


Sebelum NBA All Star, Jalan-Jalan Dulu ke NASCAR Hall of FameFoto: Okdwitya Karina Sari/detikSport
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com