detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Feb 2019 11:50 WIB

Mantan Sprinter Nasional Purnomo Meninggal Dunia

Femi Diah - detikSport
Mantan sprinter nasional Purnomo meninggal dunia. (dok. pribadi vis Facebook) Mantan sprinter nasional Purnomo meninggal dunia. (dok. pribadi vis Facebook)
Jakarta - Mantan sprinter nasional Purnomo Muhammad Yudhi meninggal dunia. Pria yang pernah tercatat sebagai manusia tercepat Asia itu tutup usia pagi tadi.

Purnomo meninggal dunia di Jakarta, Jumat (15/2) pukul 09.00 WIB. Dari keterangan yang beredar, almarhum Purnomo dikebumikan hari ini juga sekitar pukul 16.00 WIB di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"Saya mendengar kabar itu beberapa jam yang lalu. Salah satu pengurus mendapatkan kabar dari keluarga Pak Purnomo dan diteruskan kepada kami," kata Tigor Tanjung, sekretaris jendral Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), yang dihubungi detikSport.

Semasa berpredikat sebagai atlet, Purnomo rutin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dia peraih medali emas lari 100 meter putra di Kejuaraan Atletik Asia Jakarta 1985 dan satu-satunya pelari Asia yang lolos semifinal lari 100 meter putra di Olimpiade 1984 Los Angeles.


"Ini sebuah kehilangan buat atletik indonesia. Dengan Pak Purnomo, kami pernah memiliki sprinter sebaik Purnomo yang pernah merajai lari 100 meter Asia Tenggara, pernah mencapai semifinal Olimpiade Los Angeles. Satu-satunya pelari Asia," ujar Tigor.

"Beberapa tahun belakangan beliau melawan kanker. tapi sepanjang itu pula, komunikasi kami tetap berjalan, beliau masih tergabung dalam grup WA kami dan beberapa hari yang lalu masih menyapa. Beliau masih mengikuti perkembangan jalannya organisasi PASI. Sampai akhir hayatnya beliau masih pengurus PASI (sebagai ketua komisi atlet)," dia menambahkan.

(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com