detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 20 Feb 2019 19:36 WIB

Para Penyelam Wanita Indonesia Ingin Pecahkan Rekor Dunia Tahun Ini

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ilustrasi para penyelam wanita di WASI (dok. WASI) Ilustrasi para penyelam wanita di WASI (dok. WASI)
Jakarta - Tahun lalu, nyaris seribu wanita Indonesia memecahkan rekor menyelam di dunia. Di 2019 ini, rencananya mereka akan melakukan yang sama lagi.

Para penyelam wanita yang tergabung dalam Wanita Selam Indonesia (WASI) tahun lalu sudah memecahkan rekor MURI di Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Agustus tahun lalu.

Rekor penyelaman wanita terbanyak dan pembentangan bendera merah putih sepanjang 500 meter dilakukan pada kedalaman delapan meter di bawah permukaan laut.

WASI yang dipimpin oleh Tri Suswati ini mendatangkan 930 penyelam wanita dari berbagai daerah di Indonesia, terdiri atas Polwan, Bhayangkari, Prajurit TNI, Persit, pelajar, mahasiswa, dan umum.




Acara itu sendiri mendapat sambutan luas di seluruh Indonesia dan juga sampai ke luar negeri. Puas dengan penyelengaraan tahun lalu, WASI pun berniat melakukan acara serupa pada 3 Agustus nanti sebagai bagian dari peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Masih bertempat di Manado, WASI merencanakan bakal ada total tiga ribu penyelam, tapi kali ini pria dan wanita, untuk memecahkan rekor MURI dan dunia. Acara ini juga bertepatan dengan #10yearschallenge WASI karena pernah juga memecahkan rekor pada 2009.

Selain itu, dalam acara nanti, WASI rencananya akan mengkampanyekan pengurangan penggunaan botol plastik. Nantinya bakal ada acara lomba lari di mana para pesertanya akan mendapat tumbler gratis saat melintasi garis finis.

"Kami berharap acara ini bisa lebih ramai dari tahun lalu. Kami ingin menunjukkan para penyelam wanita Indonesia ini bisa membuat dunia internasional lebih melirik kita. Kita ingin membuat sesuatu yang membanggakan," ujar salah satu pengurus WASI, Fitri Idham Azis saat kunjungan ke Kantor CNN Indonesia, Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (20/2) sore WIB.




(mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed