detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 23 Feb 2019 18:44 WIB

MotoGP Terwujud di Mandalika, IMI NTB Terpacu Produksi Pebalap Lokal

Harianto - detikSport
Foto: Harianto/detikSport Foto: Harianto/detikSport
Mataram - Indonesia akan menggelar MotoGP di sirkuit jalan raya Mandalika pada 2021. IMI Tenggara Barat menjadikan momen tersebut untuk melahirkan pebalap lokal berkualitas.

"Sirkuit MotoGP di Mandalika jadi mimpi kami dan para atlet sejak 10 tahun lalu," ujar Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, Edo Nurhaedin, Sabtu (23/2/2019).

Dia bilang untuk menyambut MotoGP di Mandalika itu, IMI NTB akan lebih giat menggeber kejuaraan balap motor dan melakukan pengkaderan pebalap kelas MiniGP.

"Kami tidak mau jadi penonton. Mimpi besar kami selanjutnya bagaimana muncul pebalap-pebalap hebat dari NTB baik itu Moto2 maupun MotoGP," katanya.


Harapannya agar Pemprov NTB juga sudah mulai memikirkan untuk bisa menyiapkan sumber daya manusia, terutama atlet-atlet balap yang berasal dari daerah.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri atas 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.

"Dampak sirkuit MotoGP Mandalika, luar biasa. Lombok bagian selatan bakal jadi destinasi dunia hebat. Bisa dibayangkan maniak penonton MotoGP jutaan orang," ujar dia.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed