detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 23 Feb 2019 22:06 WIB

Popsivo Juara Proliga 2019

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Jakarta PGN Popsivo Polwan juara Proliga 2019 (Foto: dok. Proliga) Jakarta PGN Popsivo Polwan juara Proliga 2019 (Foto: dok. Proliga)
Yogyakarta - Tim voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan sukses menjuarai Proliga 2019. Popsivo mengalahkan sang juara bertahan, Jakarta Pertamina Energi, di babak final.

Popsivo juara usai memenangi duel ketat sepanjang lima set melawan JPE. Dalam pertandingan di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019), Aprilia Manganang dkk menang dengan skor 15-25, 25-22, 21-25, 25-23, 15-12.

Setelah kehilangan set pertama, Popsivo bangkit dengan memimpin 14-10 di set kedua. Keunggulan tersebut membuat mereka makin percaya diri dan merebut set kedua.

Set ketiga berjalan semakin sengit. Sempat imbang 18-18, set ini kemudian jadi milik JPE dengan skor 25-21.

Di set keempat, Popsivo sempat tertinggal 17-20 sebelum berbalik unggul 25-23. Set penentuan akhirnya jadi milik Popsivo dengan skor 15-12.


"Sesuai dengan ekspektasi saya bisa jadi juara Proliga ini. Karena saya sendiri kerja keras untuk bisa mencapai di final hari ini, setelah sebelumnya kita di final four banyak kekurangan, dan dari situ kita bisa memperbaiki," ujar Pelatih Popsivo, Chamnan Dokmai.

Sementara itu, pelatih JPE, Muhammad Ansori, mengakui kalau timnya banyak melakukan kesalahan sendiri. Ia juga menyebut timnya terbebani hasil impresif di putaran-putaran sebelumnya.

"Mungkin kita terbebani dengan sebelumnya ya, karena dari awal putaran kedua hingga final four kita juara, jadi mungkin dengan itu kita terbebani main bagus dan bisa menang," kata Ansori.

"Jadi tadi itu konsentrasi anak-anak hilang, di set keempat udah leading empat poin itu kita terlena, tidak fokus, tidak konsentrasi jadi banyak poin terbuang sampai lima poin tadi. Dengan ini evaluasinya kita harus mencari pemain muda, karena di JPE kan banyak pemain yang sudah menikah," jelasnya.

Dari perebutan tempat ketiga, Jakarta BNI 46 memenangi duel melawan Bandung Bank bjb Pakuan. BNI menang dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19).

Pemenang penghargaan individu:

Pemain Terbaik: Aprilia Manganang (Popsivo)
Best Server: Bethania De La Cruz (JPE)
Best Setter: Tri Retno Mutiara (Jakarta BNI 46)
Best Spiker: Wilda Siti Nurfadillah (Popsivo)
Best Blocker: Agustin Wulandari (JPE)
Best Libero: Yulis Indahyani (JPE)
Best Scorer: Kokram Pimpichaya (Bandung Bank bjb Pakuan)
Pelatih putri terbaik: Chamnan Dokmai (Popsivo)

(nds/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed