detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 24 Feb 2019 20:33 WIB

Ponten Positif untuk Indonesia Off-road Expedition 2019

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Indonesia off-Road Expedition selesai Minggu 24 Februari (dok.IOX) Indonesia off-Road Expedition selesai Minggu 24 Februari (dok.IOX)
Bukit Tinggi - Perhelatan Indonesia Off-road Expedition (IOX) 2019 tuntas akhir pekan ini. Meski sempat banyak kendala, pujian tetap datang dari para tamu undangan termasuk jurnalis asing.

Event yang sempat absen tahun lalu itu kembali dugelar tahun ini dengan tajuk IOX 2019 Andalas. Mengambil rute dari Medan ke Bukit Tinggi, sekitar lebih dari 80 peserta dalam dan luar negeri menempuh jarak sekitar 1.400 KM.

Maka wajar jika banyak media asing pula yang meliput event yang berlangsung selama 16 hari sedari 9-24 Februari itu. Memang sejak digelar pada S 2012, IOX memang selalu mengundang jurnalis asing dari berbagai negara untuk mengenalkan dunia otomotif dan wisata Indonesia kepada pecinta otomotif dunia.




Tercatat jurnalis dari Italia, Belanda, Malaysia, Vietnam dan Thailand pernah meliput event IOX ini. Kesan seluruh jurnalis nyaris seragam yaitu mereka kagum dengan pelaksanaan event IOX yang super ekstrim dengan waktu perjalanan yang lama yang tidak ada yang jangka waktu pelaksanaannya selama ini di negara mereka.

"IOX 2019 Andalas mampu menjaga standard yang tinggi atas pelaksanaan event off-road super ekstrim yang selama ini menjadi ciri khas IOX" kata Fred M Krijsman dari Belanda yang menjadi kontributor media otomotif dunia seperti Autobild Jerman dan Landmag Perancis.

Fred yang juga mengelola media online otomotif www.xtreme-adventure.com, menyatakan kebahagiaan dan kepuasannya mengikuti event IOX ini. Dia terpukau dengan keindahan alam Indonesia.

"Trek dan pemandangan alam Sumatera yang indah, budaya lokal Sumatera Utara dan Barat yang berbeda dan menarik serta penduduk lokal dan peserta IOX yang menyenangkan membuat perjalanan 16 hari ini terasa menyenangkan" sambung Fred yang meliput sejak 2012 itu.




Keunikan dari event IOX lainnya yang tidak lazim di negara para jurnalis asing ini, selain sistem pembiayaan event dengan cara saweran (patungan), adalah kewajiban penggunaan seluruh kendaraan dengan warna oranye dan penggunaan kaos yang seragam yang berganti setiap hari yang harus dipakai peserta selama event dilaksanakan.

IOX adalah yang pertama kali menggunakan warna oranye sebagai warna kendaraan yang kemudian diikuti oleh banyak kendaraan off-road lainnya di Indonesia saat ini. Selain itu, IOX terkenal tegas dan disiplin dalam menerapkan aturan keamanan serta standard kendaraan yang tinggi yang kemudian menjadi acuan bagi olahraga off-road lainnya di Indonesia.

Seluruh peserta off-road IOX 2019 Andalas, yang terdiri dari 81 kendaraan 4x4 dan 73 motor dirt bike, direncanakan akan finis di area Jam Gadang, Bukit Tinggi, Minggu (24/2).


(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed