detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Mar 2019 20:18 WIB

Optimisme Yamaha Indonesia Sambut Musim Balap 2019

Redzi Arya Pratama - detikSport
Yamaha Indonesia menyambut musim balap 2019 dengan optimisme tinggi (Foto: detikSport/Redzi Arya Pratama) Yamaha Indonesia menyambut musim balap 2019 dengan optimisme tinggi (Foto: detikSport/Redzi Arya Pratama)
Jakarta - Yamaha Indonesia mengumumkan komposisi tim yang akan mengikuti kejuaraan balap di level nasional hingga dunia pada 2019. Mereka optimistis meraih sukses.

Ada empat kejuaraan yang bakal diikuti pebalap Yamaha Indonesia dari beberapa level yang berbeda. Mulai dari MotoPrix, IndoSpeed Race Series, Asia Road Racing Championship, hingga kelas tertinggi di World Supersport 300.

Pada konferensi pers bertajuk Yamaha Indonesia Motorsport Conference 2019 di Yamaha Flagship Shop Jakarta, Jumat (1/3/2019) siang, Yamaha menjelaskan hasratnya untuk kembali superior di empat ajang tersebut. Mereka berharap bisa berkembang di level-level yang kurang sempurna musim lalu.

Yamaha ingin kembali berprestasi di seri MotoPrix. Tahun lalu Renggi Lukmana, pebalap Suhandi Padang 88, mampu juara di region 1. Wilmar Hammar (Bahtera) juga jadi kampiun region 2, Arianto Tarzan (QQ STSJ) juara region 4, serta Handy Tuahatu (Akai Jaya) yang menyegel juara region 5 khusus MP2.

Sementara itu dari kejurnas Indospeed Race Series, Yamaha punya hasrat besar untuk membayar kegagalan di kelas 250 cc musim lalu. Ketika itu pebalap RRS, Rey Ratukore, hanya mampu berada di peringkat ketiga klasemen. Tahun ini Yamaha akan menurunkan lima tim di kompetisi ini dan semuanya akan menggunakan motor baru di antaranya All New YZF-R15 dan New YZF-R25.


Menuju ke kancah internasional, Yamaha Indonesia akan menyumbang empat pebalap di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Bersama tim Yamaha Racing Indonesia, dua jebolan Yamaha VR46 Master Camp, M Faerozi dan Anggi Setiawan, turun di kelas Asia Production 250.

Sedangkan untuk kelas Underbone 150, Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra akan jadi andalan. Sebagai informasi, Aldi adalah adik kandung dari andalan Yamaha Moto X Racing, Galang Hendra.

Galang sendiri akan menjadi pebalap yang paling diandalkan Yamaha Indonesia. Ia akan tampil pada musim keduanya di World Supersport 300. Pebalap 19 tahun ini sempat juara di Brno pada 2018 dan Jerez kala dapat wild card pada 2017.

"Baik di tahun 2017 dan 2018, Yamaha MX King berhasil merebut gelar juara Motoprix di kelas 150cc. Terima kasih Yamaha Team atas kerja kerasnya! Selama tiga tahun terakhir, YZF-R15 juga telah mendominasi titel juara di ajang IRS. Tahun ini bakal ada motor baru di ajang itu yakni All New YZF R-15 dan New YZF-R25 di kelas Sport 250," ujar Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Minoru Morimoto pada konferensi pers.

"Buat Galang Hendra, dia memperlihatkan performa luar biasa di World Supersport 300 dan menjadi pebalap Indonesia pertama yang menang pada dua seri World Supersport 300. Ia juga menggunakan YZF-R3 buatan Yamaha Indonesia. Kami berharap dia bisa kembali meraih hasil yang baik di 2019," tambah dia.


Formasi Tim Yamaha Indonesia 2019


MotoPrix

Region I (Sumatera)
1. Yamaha Suhandi Padang 88 RT
2. Yamaha BTKS RT
3. Yamaha Canasta RT
4. Yamaha Alfa Scorpoo RT

Region II (Jawa)
1. Yamaha Bahtera RT
2. Yamaha Oryza RT
3. Yamaha BKS RT
4. Yamaha Bintang Centula RT
5. Yamaha Semoga Abadi Zyrof 47

Region IV (Kalimantan)
1. Yamaha Aditama RT
2. Yamaha Rivaco RT

Region V (Sulawesi)
1. Yamaha Akal Jaya Motor RT
2. Yamaha Adhi Motor RT
3. Yamaha PRS RT

IndoSpeed Race Series
1. Yamaha Rey Racing Speed RT
2. Yamaha Bahtera RT
3. Yamaha Oryza RT
4. Yamaha HDS RT
5. Yamaha Akai Jaya Motor RT

Asia Road Racing Championship

Yamaha Racing Indonesia
1. M Faerozi Toreqottullah (AP250)
2. Anggi Setiawan (AP250)
3. Wahyu Nugroho (UB150)
4. Aldi Satya Mahendra (UB150)

World Supersport 300

Yamaha Moto X Racing
Galang Hendra Pratama (WSSP300)


(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed