detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Mar 2019 21:59 WIB

Pebalap Yamaha Indonesia Bicara soal Sirkuit MotoGP Indonesia

Redzi Arya Pratama - detikSport
Pebalap Yamaha Indonesia Galang Hendra Pratama. (Foto: Redzi Arya Pratama/detikSport) Pebalap Yamaha Indonesia Galang Hendra Pratama. (Foto: Redzi Arya Pratama/detikSport)
Jakarta - Pebalap Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama, berbicara soal MotoGP Indonesia yang akan menggunakan sirkuit jalan raya. Apa katanya?

Dorna dan Indonesia Tourism Development (ITDC) telah sepakat untuk menggelar MotoGP dan Superbike selama tiga tahun sejak 2021. Lokasinya akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika akan berkonsep street circuit atau sirkuit jalan raya. Artinya, trek bisa dipakai untuk kepentingan umum andai tak digunakan balapan.


Sirkuit Mandalika akan punya panjang 4,32 km dengan 18 tikungan. ITDC mengonfirmasi, ini akan menjadi street circuit pertama untuk MotoGP yang ada di dunia.

Galang Hendra, yang akan mebalap di World Supersport 300 musim ini, mengingatkan perawatan sirkuit jalan raya lebih sulit. Untuk itu, ia sedikit menyayangkan kenapa Indonesia tidak membangun sirkuit permanen.




"Saya memandang street sirkuit sayang juga sih. Mending (sirkuit) permanen. Contoh GP Makau itu jalannya juga dipakai untuk jalan umum jadi perawatannya harus lebih ekstra," kata Galang kepada detiksport saat ditemui di Yamaha Flagship Shop, Jumat (1/3/2019).

"Karena yang pakai jalan tidak cuma pebalap doang tapi juga orang-orang umum. Terkait gravel dan segala macam akan memengaruhi, tapi kalau saya lebih ke perawatannya (yang akan sulit)," tambah dia.
(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed