detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Mar 2019 16:38 WIB

10 Fakta Conor McGregor yang Baru Pensiun dari UFC

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Conor McGregor baru saja memutuskan pensiun (Steve Marcus/Getty Images) Conor McGregor baru saja memutuskan pensiun (Steve Marcus/Getty Images)
Jakarta - Tak ada lagi aksi menawan Conor McGregor di atas ring UFC setelah dia pensiun. Berikut data dan fakta terkait petarung asal Republik Irlandia itu.

McGregor, 30 tahun, menyatakan pensiun melalui akun Twitternya, Selasa (26/3/2019) siang WIB, setelah terjun pertama kalinya di arena itu pada 2008. Selama 11 tahun, perjalanan karier McGregor begitu berwarna baik di dalam maupun luar ring.

Mengantongi rekor 25 tanding dan 21 kemenangan (18 dengan KO), McGregor tumbang di laga terakhirnya kontra Khabib Nurmagomedov. Beberapa pekan lalu dia malah tersangkut masalah kriminal lantaran dituding menghajar dan mengambil telepon milik fans.




McGregor juga pernah menjajal sekali naik ring tinju saat menghadapi Floyd Mayweather pada 2017. Tapi dia kalah TKO pada ronde ke-10. Sudah banyak uang yang dikumpulkan McGregor selama kariernya di olahraga tarung bebas ini.

Menurut Forbes, McGregor punya harta sekitar 99 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun. Kekayaan itu tak hanya dihasilkan dari ring UFC, tapi juga dari sponsor-sponsor lain.

Dia menjalin kerjasama dengan Burger King, Beats by Dre, Monster Energy, David August, BSN, Anheuser-Busch, HiSmile, dan Betsafe. Tak cuma itu, McGregor juga menginvestasikan uangnya dalam bentuk usaha dari mulai fesyen hingga minuman keras.

Untuk minuman keras, McGregor meraup untung cukup besar dari Proper No. Twelve Irish Whiskey yang diluncurkan pada September 2018 di Irlandia serta AS.




Berikut 10 fakta soal kehidupan McGregor yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Conor McGregor dibesarkan di kota kecil bernama Crumlin di selatan Dublin, Irlandia dan di sinilah dia mulai belajar bertarung MMA dari kerasnya kehidupan jalanan. Dia sempat menempuh pendidikan di Gaelscoil dan Gaelcholaiste.

2. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, McGregor sering di-bully dan ini jadi alasan mengapa dia belajar bertarung. Kini dia sering jadi pembicara di sekolah-sekolah soal bagaimana menghadapi bully.

3. McGregor pernah bekerja sebagai tukang ledeng di awal umur 20 tahun sebelum berkiprah di UFC. Bayaran dia saat itu sekitar 180 dolar AS (sekitar Rp 2,5 juta)

4. Seperti kebanyakan anak muda di Eropa, McGregor juga meminati sepakbola saat masih kecil. Dia sempat bermain bola untuk Lourdes Celtics, klub lokal di Dublin, dan juga tim sekolahnya. McGregor dikenal sebagai fans Manchester United.

5. McGregor sempat menekuni tinju dan meraih gelar di usia mudanya sebelum menekuni UFC pada 2008.

6. Seks dan perbanyak seks sebelum laga: Jika bagi sebagian besar atlet, seks sebelum pertandingan adalah tabu. Tidak demikian dengan McGregor yang berpikir itu adalah sesuatu yang wajar dilakukan.

7. Conor McGregor adalah atlet terbesar dalam sejarah UFC: Bos UFC, Dana White, mengatakan demikian di depan publik. McGregor sudah mengambil alih tempat Brock Lesnar dan Georges St-Pierre sebagai petarung idola. Dia mencatat rekor penonton di setiap pertandingannya.

8. Singa Celtic atau Celtic Tiger jadi julukan untuk McGregor yang berasal dari tato singa di perutnya.

9. McGregor jadi petarung non-Amerika Seriket pertama yang memegang dua titel juara dunia di dua kelas berbeda. Sebelum gabung UFC, dia sempat berjaya di kelas bulu tarung kandang dan kelas ringan.

10. McGregor sangat mendukung perkawinan sesama jenis dan dia mendukung pergerakan itu di Republik Irlandia. Bagi McGregor, itu adalah hak bagi setiap manusia di muka bumi.


(mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com