detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 06 Mei 2019 21:31 WIB

Ramadhan Pertama, Eko Yuli Pilih Berbuka di Rumah

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhi/detikSport Foto: Agung Pambudhi/detikSport
Jakarta - Eko Yuli Irawan dan lifter nasional lain tetap berlatih. Tapi, Eko meminta izin tak berlatih di hari pertama Ramadhan agar bisa berbuka puasa bersama keluarga.

Angkat besi tetap menjalankan program latihannya di Mess Kwini, Kwitang, saat bulan Ramadhan. Mereka telah memasuki periode Kualifikasi Olimpiade 2020.

"Hari ini saya izin, libur dulu, besok baru mulai latihan lagi. Jadi, kumpul di rumah bersama istri dan anak di Bekasi," kata Eko Yuli Irawan dalam sambungan telepon dengan detikSport, Senin (6/5/2019).


Bagi peraih medali emas Asian Games 2018 ini, puasa tahun ini tidak jauh berbeda dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Hal membedakan hanya persiapan pertandingan yang akan dihadapi.

"Puasa sih biasa, Mbak, setiap tahun juga di Jakarta latihan, tidak ada perubahan. Program tetap berjalan dan tidak ada penurunan. Pelatih juga tidak memaksa gimana, bagi yang kuat boleh puasa, bagi yang tidak kuat tidak dijalankan. Jadi serahkan ke atlet hanya program tetap berjalan," Eko menjelasakan.

"Untuk saya pribadi pun normal. Puasa ini layaknya saat saya diet. Sebelum tanding juga enggak makan, enggak minium. Kan kita juga buka puasa manis semua, sahur makanan berat, cuma ganti jam makan saja. Kecuali satu bulan tak boleh makan, ini kan makan masih bisa," ujar dia.

"Latihan sore juga selesainya maghrib jadi tidak ada masalah. Ini saya pribadi ya, kalau yang lain tergantung dari kekuatan atletnya," dia menambahkan.

Eko berharap puasa di bulan Ramadhan tahun ini tak bolong. Dia merujuk persiapan Asian Games 2018 Jakarta.

"Kemarin saat Asian Games saja penuh, masa tahun ini yang jadwal pertandingannya jauh enggak bisa. Jika tidak ada halangan insya Allah puasanya penuh," tegasnya.

Setelah Kejuaraan Asia di Ningbo, China, Eko Yuli akan bertanding lagi di Kejuaraan Dunia Senior di Pattaya, Thailand, 18-27 September, lalu SEA Games 2019 di Filipina, 30 November-11 Desember 2019.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com