detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 11 Mei 2019 12:00 WIB

Lindswell Kepada Wushu: Tak Rindu, tapi Tak Bisa Jauh

Femi Diah - detikSport
Foto: Ari Saputra/detikSport Foto: Ari Saputra/detikSport
Jakarta - Lindswell Kwok memutuskan pensiun dari wushu tepat setelah Asian Games 2019. Sembilan bulan sejak pesta di GBK itu, Lindswell tak lagi rindu namun tak bisa pergi jauh-jauh.

Lindswell telah lapang melintang di wushu sejak usia 9 tahun. Selama 18 tahun berkarier, sederet prestasi telah dikoleksi. Di antaranya, medali emas Asian Games 2018, empat kali juara dunia, dan lima medali emas SEA Games.

Kini, dia menjalani peran baru, sebagai istri dari Achmad Hulaefi. Dia bukan sosok baru bagi Lindswell. Mereka telah saling mengenal sejak kecil, sejak Lindswell mengikuti kejuaraan nasional yang mempertemukan pewushu-pewushu se-Tanah Air. Mereka menjadi sahabat setelah bersama-sama di pelatnas wushu mulai 2010.

Makanya, setelah pensiun pun Lindswell tak bisa jauh-jauh dari Hulaefi, yang juga telah pensiun dari wushu kemudian menjadi pelatih.


"Kangen untuk latihan sih belum, enggak kangen sih, karena memang sudah memutuskan pensiun. Keputusan itu kan sudah dipikirkan sejak lama dan sudah bulat keputusannya. Saya sudah puas (di wushu)," kata Lindswel kepada detikSport.

"Tapi, kalau melihat anak kecil latihan (wushu) itu masih greget keinget bagaimana saat aku kecil latihan, di asrama bareng teman, momen-momen kayak gitu yang dirindukan," dia menambahkan.

Lindswell Kwok saat tampil di Asian Games 2018. Lindswell Kwok saat tampil di Asian Games 2018. (Beawiharta/Reuters)

Lindswell juga tak memungkiri kerap gemas jika ada gerakan pewushu junior yang kurang tepat. Dia gatal untuk membetulkan.

"Kalau Ulai (sapaa karib Hulaefi) ngelatih, kadang-kadang saya nyusul. Nah, kalau melihat yang kecil-kecil ada yang enggak pas gemas rasanya ingin ikut turun tangan hehehehe,' ujar dia.

Kini, Lindswell memiliki kesibukan baru. Dia mengembangkan clothing line pakaian syar'i Kianne.

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed