detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Mei 2019 00:44 WIB

Akan Balapan di China, Timnas Sepeda Lewatkan Lebaran Bersama Keluarga

Mercy Raya - detikSport
Timnas sepeda Indonesia akan melakoni balapan di China sehingga melewatkan hari lebaran. (Foto: Pradita Utama/detikSport) Timnas sepeda Indonesia akan melakoni balapan di China sehingga melewatkan hari lebaran. (Foto: Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Pebalap sepeda Elga Kharisma Novanda mesti mengorbankan hari Lebaran bersama keluarga tahun ini. Mereka akan balapan di hari besar kedua umat muslim tersebut.

Elga bersama dua pebalap lainnya, Crismonita Dwi Putri dan Ayustina Della Priatna, akan mengikuti China Track Cup 1 pada 6 Juni mendatang. Kejuaraan itu sebagai ajang kualifikasi Olimpiade 2020.

Ketiganya dijadwalkan terbang ke negeri Tirai Bambu pada 3 Juni untuk persiapan sebelum lomba. Kondisi itu juga yang akhirnya memotong jatah libur atlet untuk merayakan hari besar bersama keluarganya.


"Sebenarnya saya sudah beberapa kali enggak Lebaran sama keluarga. Sudah tiga kali jadi sudah terbiasa. Tapi mungkin buat atlet yang lain mungkin ini menjadi yang pertama," kata Elga saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Kalau dibilang kangen keluarga ya pasti karena ini saja sudah dua bulan enggak pulang-pulang. Tapi karena sudah biasa jadi tak terlalu kaget," ujarnya lagi.

Atlet kelahiran Malang ini pun mengaku tahun ini dia belum bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh. Program latihan yang berat guna persiapan menuju balapan pertamanya menuntutnya untuk berlatih ekstra keras.


"Jadi belum puasa sama sekali dari awal, jujur saja. Karena latihannya sudah benar-benar berat untuk persiapan ke China," dia menjelaskan.

Meski demikian, Elga bukan tak bisa menjalankan Lebaran. Dia mengatakan akan berupaya untuk tetap melakukan sungkem keluarga pada hari - H melalui sambungan video call.

"Biasanya pakai video call, telepon, keluarga, dan sungkemnya lewat itu. Saya berharap buat ke depannya lebih baik dari ini karena tahun ini saya benar-benar diuji. Mudah-mudahan ada hikmahnya," harap atlet berusia 26 tahun ini.
(mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com