detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 10 Jun 2019 14:00 WIB

Panjat Tebing Tancap Gas Demi Olimpiade 2020

Randy Prasatya - detikSport
Panjat tebing terus mematangkan persiapan untuk Olimpiade 2020. (Foto: Antara Foto) Panjat tebing terus mematangkan persiapan untuk Olimpiade 2020. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Cabang olahraga panjat tebing terus mematangkan persiapan menuju Olimpiade 2020 Tokyo. Ada lima kejuaraan yang akan dilalui untuk persiapan Olimpiade.

Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI), Faisol Riza, menyebut sedikitnya ada lima kejuaraan panjat tebing tingkat nasional yang akan digelar hingga akhir 2019.

Kejuaraan tersebut sekaligus sebagai rangkaian persiapan Olimpiade 2020. Faisol Riza, yang juga Anggota DPR RI terpilih 2019-2024, menyebut ada lima kejuaraan yang sudah disiapkan.

Selain mempersiapkan diri untuk Olimpiade, panjat tebing juga bersiap untuk PON XX di Papua pada 2020.


"Lima kompetisi ini yang sudah diagendakan. Ini belum termasuk kejurda (kejuaraan daerah)," kata Faisol di Jakarta, dalam rilis yang diterima detikSport.

"Untuk Olimpiade, persiapan sudah matang. Tim pelatih sudah menggelar seleksi hingga ada 10 atlet pelatnas digembleng untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," jelas Faisol.

"Semangat dan mental para atlet ini yang harus dijaga. Sejumlah daerah juga terus menyiapkan atletnya. Selain kejurda, akan ada kejuaraan nasional, pra PON, dan PON XX pada 2020. Olimpiade di Tokyo juga kami harus tampil optimal," tegasnya.

Tim panjat tebing Indonesia sukses menyabet tiga medali emas di perhelatan Asian Games 2018. Medali emas disabet oleh Aries Susanti Rahayu, Puji Lestari, dan Aspar Jailolo.

(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com