detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 22 Jun 2019 09:35 WIB

Indonesia Climbing Festival Etape Ke-3 Semarak di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikSport
Foto: Adhar Muttaqin/Detikcom Foto: Adhar Muttaqin/Detikcom
Trenggalek - Road show Indonesia Climbing Festival (ICF) etape ketiga yang digelar di tebing Sepikul, Trenggalek, Jawa Timur. Puluhan peserta meramaikan ajang ini.

Salah seroang panitia, Ringgo, mengatakan kegiatan ICF ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Terdapat empat etape yang dihampiri, yakni Gunung Parang Purwakarta, Gunung Api Purba Ngelanggeran Yogyakarta, Tebing Sepikul Trenggalek dan etape terakhir di Tebing Songan Bali.

"Kebetulan Trenggalek ini masuk etape ke-3, setelah Gunung Parang dan Gunung Purba Ngelanggeran, di Trenggalek kegiatannya dua hari, setelah Trenggalek kami akan ke Bali," kata Ringgo, Sabtu (22/6/2019).

Even pemacu adrenalin ini sengaja digelar untuk mengenalkan olahraga panjat tebing kepada masyarakat awam. Selain itu juga sekaligus untuk mengenalkan potensi wisata di daerah yang dikunjungi.

"Jadi dalam event ini tidak hanya diikuti pemanjat profesional saja, namun masyarakat umum juga bisa ikut mencoba dengan didampingi tim profesional dari FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia)," ujarnya.




Tebing Sepikul Trenggalek menjadi salah satu lokasi yang dipilih dalam even pertama, karena merupakan salah satu tebing batu tertinggi di Jawa Timur dan telah menjadi ikon panjat tebing di Jawa Timur.

"Di kalangan pemanjat, Tebing Sepikul ini sudah terkenal di seluruh Indonesia sejak tahun 198-0an. FPTI juga rutin menggelar pengibaran bendera di atas tebing pada saat 17 Agustus," jelasnya.

Ringgo melihat potensi pengembangan wisata ekstrem di Trenggalek cukup besar, sebab memiliki anugerah dari Tuhan berupa tebing-tebing yang menarik. Selain itu animo warga sekitar untuk melihat langsung kegiatan tersebut cukup tinggi.

"Pada etape pertama dan kedua, animo masyarakat tidak seramai ini, paling hanya teman-teman dari komunitas saja. Tapi kalau di Trenggalek beda. Makanya rencananya hari ini akan kami berikan kegiatan tambahan untuk masyarakat," imbuhnya.

Pengurus FPTI Jatim ini berharap pemerintah daerah memiliki respons yang bagus sehingga mengembangkan potensi yang ada menjadi destinasi wisata andalan di Trenggalek.


(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed