detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 22 Jun 2019 13:11 WIB

Menpora: Venue Berstandard Dunia Juga Sudah Ada di Papua

Lucas Aditya - detikSport
Menpora Imam Nahrawi meninjau Stadion Papua Bangkit. (Foto: dok. Kemenpora) Menpora Imam Nahrawi meninjau Stadion Papua Bangkit. (Foto: dok. Kemenpora)
Jayapura - Stadion Papua Bangkit sudah berdiri megah di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Venue berstandar internasional kini ada di bumi Cenderawasih.

Stadion Papua Bangkit dibangun untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020. Pesta olahraga di Tanah Air itu berlangsung 9-21 September tahun depan.

Dibangun sejak 2017, stadion berkapasitas 40 ribu tempat duduk itu sudah siap untuk dipakai. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menegaskan pembangunan ini menjadi perkenalan kawasan timur Indonesia dalam usaha menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Bersamaan di tahun 2020 ada Olimpiade Tokyo 2020 dan PON XX Papua ini akan menjadi ajang promosi bagi Indonesia meyakinkan negara-negara dunia bahwa Indonesia itu tidak hanya Jakarta, tidak hanya Palembang, tidak hanya Kaltim, Riau, Bandung tapi di Papua ada venue berstandart dunia," kata Menpora dalam Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur/GOR Guna Mendukung Pelaksaan PON XX tahun 2020 di Hotel Aston, Jayapura, Papua, Jumat (21/6/2019) sore.

Menurut Menpora kesempatan PON Papua akan dimaksimalkan dalam hal promosinya sehingga masyarakat tidak lagi melihat akan datangnya SEA Games Filipina tetapi semua terobsesi berpartisipasi mensukseskan PON Papua 2020.


Menpora: Venue Berstandard Dunia Juga Sudah Ada di PapuaFoto: dok. Kemenpora





"Saat ini orientasi pemerintah tidak lagi SEA Games tapi sudah Asian Games dan olimpiade untuk multieven internasionalnya," tambahnya.

Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti juga menggarisbawahi pentingnya pematangan skema kepanitiaan dan SDM untuk PON XX/2020.

"Konsolidasi kepanitian harus lebih maksimal karena venue-venue ini tidak terpusat di Kota Jayapura saja tapi tersebar di beberapa kabupaten/kota ini tantangan dan baru pertama kali, PB PON harus sering konsolidasi dan memberi ruang masyarakat agar berpartisipasi/setidaknya menjadi volunter," tutur Menpora.


"Terima kasih kepada Gubernur, Walikota, DPRD dan seluruh kita bahwa kita telah betul-betul menyongsong diri menyambut PON XX/2020 semoga kita semua bisa memberikan kenangan baik dan indah bagi siapa saja dan siapapun yang datang ke Papua tidak hanya menikmati PON tapi juga menikmati indahnya alam Negeri Matahari Terbit," tutup Menpora.


Hadir dalam acara itu Staf Khusus Kerjasama dan Komunikasi Zainul Munasichin, Plt. Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani, Sekda Prov Papua Hery Dosinaen, Kadispora Prov Papua Daud Ngabalin, perwakilan Bappenas Felix Wanggai, pimpinan DPRD Papua, para walikota, para bupati, wakil bupati dan Kabag Humas Isa Anshary.




(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com