detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 26 Jun 2019 20:30 WIB

Para Pebisbol Cilik Indonesia Ini Ikut Turnamen di Amerika

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Lorenz Baseball Club Indonesia akan tanpil di turnamen bisbol U8 di Amerika Serikat bulan deoan (dok.Lorenz Baseball Club) Lorenz Baseball Club Indonesia akan tanpil di turnamen bisbol U8 di Amerika Serikat bulan deoan (dok.Lorenz Baseball Club)
Tangerang - Bisbol memang bukan olahraga ngetop di Indonesia. Tapi itu tak menghalangi niatan sejumlah bocah ini untuk menjajal turnamen bisbol di Amerika Serikat. Seperti apa?

Turnamen bisbol itu bernama PONY International Baseball Classic U-8 yang dikhususkan untuk anak-anak berusia maksimal delapan tahun. Ini adalah tahun keempat penyelenggaraan untuk kelompok umur delapan tahun.

Turnamen itu sendiri akan diikuti oleh enam negara, yang mana salah satunya adalah Indonesia. Selain itu ada juga AS, Republik Dominika, Aruba, Filipina, dan Panama. Dalam ajang ini, Indonesia akan diwakili oleh klub baseball asal Alam Sutera, Tangerang, bernama Lorenz Baseball Club yang akan maju dengan nama Indonesia Pinto U8 Baseball selama tampil di turnamen itu.




Tanggal perhelatan turnamen itu adalah 11-13 Juli 2019 bertempat di Cusumano Sports Complex, MT Vernon, Illinois. AS Sebagai tuan rumah sendiri diprediksi akan menurunkan lebih dari satu tim mengingat bisbol memang olahraga populer di negara tersebut.

Salah satu alasan mengapa Lorenz Baseball Club bisa ikut turnamen ini adalah karena mereka dianggap sebagai klub bisbol yang tengah berkembang di Indonesia dengan para pemain berbakatnya.


Para Pebisbol Cilik Indonesia Ini Ikut Turnamen di AmerikaFoto: dok.Lorenz Baseball Club



"Kami akan tampil di PONY International Baseball Classic 8U. Ini merupakan bagian dari World Series 2019," ungkap Ketua Lorenz Baseball Club, Monica Chendrawati, dalam perbincangan dengan detikSport.

Tim Pinto Indonesia sendiri nantinya akan diperkuat 12 pemain dengan Irvan Poe Diansyah sebagai pelatih kepala didampingi Verry Kasyoga sebagai asisten pelatih dan Jessica Margaretha sebagai manajer tim. Diansyah berharap klub yang dibentuk sejak 2004 itu mampu meraih hasil maksimal di turnamen tersebut.




"Target saya anak-anak bisa main bagus dan kompak. Mereka bisa memahami game dan masalah menang atau kalah bukan yang utama, karena game pasti ada menang dan kalah. Harapannya anak-anak jangan cepat puas, dan jangan mudah kecewa dengan apa hasil disana tetap semangat dan terus berlatih," tutur Diansyah.

Setiap game yang dihadapi pasti berat. Kemenangan harus diperjuangkan secara maksimal. Terpenting, para pemainnya tampil ke lapangan pertandingan dengan percaya diri. Walau tentu saja diharapkannya juga agar mereka tidak lantas berpuas diri jika mendapatkan lawan yang lemah. Sebaliknya juga jangan mudah kecewa. Apa pun hasil di sana, tetap semangat, dan terus berlatih," sambungnya.


Para Pebisbol Cilik Indonesia Ini Ikut Turnamen di AmerikaFoto: dok.Lorenz Baseball Club


Diansyah berharap dengan tampilnya Tim Pinto di AS sana, maka PB Perbasasi sebagai induk olahraga sofbol dan bisbol di Indonesia bisa lebih mengembangkan olahraga tersebut.




Tim Indonesia Pinto U8

1. Fiona Jocelyn Sulistya #14 - infield / outfield
2. Gregorius Eric Ghozali #19 - infield /outfield
3. Eduardus Howard Juanputra #28 - infield
4. Ethan Raphael Fo #31 - infield / outfield
5. Mikail Aidan Ferenata #33 - infield / outfield
6. Kennard Elric Tjandra #45 - infield / outfield
7. Clarissa Feliany Hartono #46 - outfield
8. Gregorius Moses Putra Susanto #55 - outfield
9. Lyucann Yerriel Long #63 - outfield
10. James Tanael Sangtoki #70 - infield
11. Christofer Liauw #94 - infield / outfield
12. Oliver Hayden Ardianto. #99 - infield

Simak Video "Komunitas Hirup 02, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com