detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 28 Jun 2019 21:50 WIB

KONI Pusat: Timika Paling Siap Gelar PON 2020

Aufa Saiman - detikSport
Foto: Aufa Saiman/detikSport Foto: Aufa Saiman/detikSport
Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat meninjau kesiapan PON XX/2020 Papua. Venue golf menjadi jujugan.

Tiba di Timika pada Jumat (28/6/2019) pukul 07.00 WIT di bandara Mozes Kilangan Timika Papua, rombongan KONI Pusat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Umum, Suwarno, langusng menuju venue golf di Kuala Kencana. Suwarno, yang juga menjabat ketua panitia pengawas dan pengawas (Panwasra) PON 2020 Papua, menilai venue golf telah memenuhi standar. Tapi, perlu perbaikan untuk mengantisipasi hujan

"Kami lihat di sini sudah layak lah, tapi masih ada beberapa perbaikan seperti rumput di lapangan, drainase," kata Suwarno.

Suwarno berharap pengelola segera membenahi kekurangan, karena pelaksanaan PON 2020 makin dekat. PON dilaksanakan mulai 20 Oktober 2020.

"Kegiatan sudah mepet, rencana akan di langsungkan pada tanggal 20 Oktober 2020. Ia berharap masyarakat Papua mendukung jalannya PON 2020 di Papua.


Sementara itu, Rumadi, penanggung jawab Club Golf Rumba Irian, pengelola venue mengatakan masih menunggu surat resmi dari PB PON Papua kepada PT. Freeport Indonesia. Sebab, lapangan golf untuk PON itu milik Freeport. Dengan adanya surat resmi kepada manajemen Freeport pengelola bisa memperpersiapkan dengan segera fasilitas standar PON.

"Kami butuh surat resmi dari PB PON bahwa lapangan kami ini akan dipakai, supaya kami persiapkan, apa kekurungannya," kata Rumadi.

"Total sekitar 72 orang dari beberpa provinsi, karenanya kita siapkan 80an caddy termasuk cadangan" kata Rumadi.

Mimika Paling Siap Gelar PON

Ketua Bidang Pertandingan Panwasra KONI pusat, Andri Paranoan, mengatakan Mimika menjadi lokasi PON yang paling siap menggelar pesta olahraga Tanah Air itu. Tak hanya golf, tapi juga venue cabang olahraga lain, atletik, sepakbola, futsal, dan biliar.

Sedikit catatan diberikan untuk venue golf. Apa itu?

"Lapangan golf inikan masih konteks lapangan golf rekreasi, walau standarnya sudah memenuhi syarat, dimana saja letak yang perlu diperbaiki. Secara keseluruhan, ini tidak memakan waktu begitu lama. Ini sudah sangat layak," kata Andri.



Simak Video "Tinjau Stadion Papua Bangkit, Jokowi: Fokus jadi Provinsi Sepakbola dan Atletik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com