detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 07 Jul 2019 15:01 WIB

Buka MXGP 2019, Gubernur Sumsel: Olahraga Menyatukan Semua Ras

Faidah Umu Sofuroh - detikSport
Foto: Dok Pemprov Sumsel Foto: Dok Pemprov Sumsel
Palembang - Untuk pertama kalinya Palembang jadi tuan rumah kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) seri ke-11. Dengan digelarnya MXGP di Indonesia, masyarakat dunia bisa bersatu.

"Bahasa lain, nenek moyang lain, makanan lain, bisa bersatu. Ini salah satu dari yang bisa kita contoh ya. Artinya olahraga bisa menyatukan semua ras," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam upacara pembukaan lomba balap MXGP yang digelar di kawasan OPI Mall, Jakabaring, Palembang, Minggu (7/7/2019).


Bukan hanya masyarakat yang mendapat manfaat, pebalap dari Indonesia pun bisa banyak belajar dari pebalap-pebalap kelas dunia. Herman ingin kompetisi ini akan jadi kompetisi sehat, tidak ada kecurangan yang terjadi, dan memberikan banyak manfaat.

Selain itu, Herman juga berharap pemuda Indonesia semakin tertarik dengan olahraga motocross. "Ada peningkatan nggak keinginan pemuda kita untuk berolahraga di sirkuit. Kalau ada, kita akan jadikan ini continue di Sumatera Selatan ini, sebagai kebanggaan," katanya.

Tak hanya itu, dengan adanya MXGP ini, banyak masyarakat mancanegara yang datang ke Indonesia. Dengan kedatangan mereka, peluang bisnis atau kesepakatan kerja sama dengan masyarakat Indonesia akan terjadi.

Buka MXGP 2019, Gubernur Sumsel: Olahraga Menyatukan Semua RasFoto: MXGP

Herman mengatakan bahwa status area sirkuit di Jakabaring yang disebut-sebut sirkuit terbaik di dunia membawa kebanggaan tersendiri bagi Sumatera Selatan. Dia berharap Sumatera Selatan bisa menjadi tempat bagi perlombaan motor yang lain.

"Kalau mereka bilang baik ya, alhamdulillah. Artinya kalau saat ini kita bisa menunjukkan dengan masyarakat dunia, khususnya para penghobi motor ini, bukan tidak mungkin ke depan bukan hanya MXGP tapi MotoGP kita adakan ke Sumatera Selatan," pungkasnya.


Herman juga mengungkapkan terima kasihnya kepada masyarakat Sumatera Selatan.

"Pertama terima kasih kepada masyarakat Sumatera Selatan yang telah ikut mensukseskan ini hingga opening hari ini sudah terjadi. Animo sangat tinggi dari masyarakat," ungkap Herman.

Simak Video "Semaraknya Indonesia MXGP di Pangkalpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed