detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Jul 2019 21:43 WIB

Pebalap 12 Negara Ramaikan Asia Auto Gymkhana Championship di Yogya

Ristu Hanafi - detikSport
Asia Auto Gymkhana Championship 2019 diramaikan peserta dari 12 negara. (Ristu Hanafi/detikSport) Asia Auto Gymkhana Championship 2019 diramaikan peserta dari 12 negara. (Ristu Hanafi/detikSport)
Jakarta - Pebalap dari 12 negara dipastikan bakal mengaspal pada kompetisi Asia Auto Gymkhana Championship (AAGC) 2019 di Yogyakarta. Jenjang tertinggi cabang olahraga otomotif yang dulunya dikenal dengan sebutan slalom ini bakal dihelat di sirkuit Stadion Mandala Krida, Sabtu (13/7).

"Indonesia mendapat kehormatan ditunjuk sebagai negara penyelenggara untuk putaran perdana oleh FIA (Federation International de Automobile)," kata Tjahyadi Gunawan dari Genta Auto and Sport selaku EO yang ditunjuk oleh IMI, saat jumpa pers di Holet Grand Aston Yogyakarta, Jumat (12/7/2019).

Ini adalah kali ke-3 secara berturut-turut Indonesia menjadi tuan rumah AAGC, setelah dua edisi sebelumnya digelar di Semarang dan Bali.


"Kita pilih Yogyakarta, salah satunya karena banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi para peserta dari luar negeri sebelum dan sesudah kejuaraan," ujar Tjahyadi.

Pada gelaran tahun ini, sedikit berbeda dibandingkan dua tahun lalu. Salah satunya adalah peraturan bahwa setiap tim dari dua orang peslalom menjadi tiga orang, termasuk peslalom wanita. Selain itu juga akan dilombakan kelas tandem di setiap penyelenggaraan putaran AAGC.

Peserta berasal dari Indonesia sebanyak sembilan pebalap, Herdiko Setya Putra dan Adrian Septianto (peringkat 1 dan 2 nasional) serta Febriana Dewi (peringkat 2 nasional menggatikan peringkat 1 yang non aktif). Serta Anjasara Wahyu, Demas Agil, Gema Rizki, Abghi Rezandi, Yuanita Fatma dan Dina Pricelia (wild card, Indonesia tuan rumah).

Kemudian dari Taiwan, Singapura, Selandia Baru, India, Korea Selatan, Thailand, Filipina, Nepal, Malaysia, Vietnam dan Srilanka.

Sepanjang tahun 2019, AAGC bakal digelar sebanyak lima putaran. Setelah seri perdana di Indonesia, tuan rumah selanjutnya adalah Korea Selatan (31 Agustus-1 September), Thailand (11-13 Oktober), China Taipei (8-10 November), dan India (21-22 Desember).





Simak Video "Tur ke China, Manchester City Dituding Mata Duitan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed