detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 14 Jul 2019 20:23 WIB

Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Jakarta jadi tuan rumah Formula E. (Foto: Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky) Jakarta jadi tuan rumah Formula E. (Foto: Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky)
Jakarta - Jakarta akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap mobil listrik dunia pada tahun depan. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Balapan Formula E di Jakarta akan bertempat di jalan raya alias berkonsep sirkuit jalanan. Anies mengungkapkan bahwa tim dari Formula E sudah melakukan telaah lapangan pada 8-9 Juli lalu, hingga disepakati bahwa Jakarta layak menggelar balapan.




"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020," ungkap Anies via Instagram.

"Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," imbuhnya.

Formula E merupakan balap mobil single-seater menyerupai Formula 1, namun menggunakan mesin bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Balapan Formula E terbilang masih muda, dengan musim pertamanya digelar pada 2014/2015 silam.




Produsen-produsen mobil top seperti Audi, Jaguar, Nissan, dan BMW sudah terlibat di balapan ini. Mereka mengembangkan powertrain untuk dipakai di balapan, sementara mobilnya secara utuh termasuk sasisnya diproduksi oleh Spark Racing Technology.

Mobil Formula E generasi terbaru bisa melaju hingga 280 km/jam. Sejumlah mantan pebalap Formula 1 turun di ajang ini, sebut saja Felipe Massa, Pascal Wehrlein, Stoffel Vandoorne, Sebastian Buemi, atau Jean-Eric Vergne.

Musim 2018-2019 lalu ada 13 seri yang digelar. Di Asia tercatat ada tiga negara yang menjadi tuan rumah, yakni Arab Saudi, Hong Kong, dan China. Vergne merupakan juara dunia musim lalu dan berpeluang besar mempertahankan titel musim ini.

Ditunjuknya Jakarta sebagai tuan rumah Formula E menambah panjang daftar ajang balap otomotif dunia yang sudah dan akan digelar di Indonesia. Sebelumnya Indonesia telah menggelar MXGP dan bakal jadi tuan rumah MotoGP mulai 2021.

[Gambas:Instagram]

(raw/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed