detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 26 Jul 2019 16:37 WIB

Laporan dari Jepang

Apa Sih yang Beda dari Balap Motor Endurance?

Nugraha - detikSport
Rider Indonesia bertarung di Suzuka 4 Hours dan 8 Hours. (Foto: nugraha)
Jakarta - Sejumlah pebalap tanah air akan tampil di balapan endurance di Suzuka, Jepang. Apa yang membedakan balapan ini dengan yang biasa?

Pebalap muda Astra Honda Motor, Irfan Ardiansyah dan Lucky Hendriansya, akan tampil di ajang Suzuka 4 Hours Endurance. Sementara Andi Gilang akan turun di Suzuka 8 Hours Endurance.




Balap ketahanan ini memang berbeda dengan ajang balap motor biasa. Satu motor akan dipakai dua pebalap secara bergantian, tak bisa asal tancap gas karena ban harus dihemat agar bisa finis.

"Endurance itu lebih ke time konstan, kalau kayak sprint race itu cepat. Endurance kan lama banget, makanya harus menghemat ban banget. Karena balapan selama itu hanya pakai satu (ban)," ungkap Irfan Ardiansyah saat ditemui di paddock Astra Honda Racing Team, di Suzuka International Circuit.




Irfan Ardiansyah sendiri pernah menang di ajang tersebut pada 2016. Maka ada kepercayaan diri tersendiri saat harus kembali ke Suzuka.

"Pengalaman sangat membantu, tapi awal kemarin mulai reminder lagi buat feeling, bawa 600cc di Suzuka," katanya.




Tak perlu banyak waktu untuk beradaptasi, Irfan mengaku cuma butuh dua kali latihan untuk mendapatkan kembali perasaan di atas motor. Ia berharap bisa kembali mendapatkan hasil oke.

"Endurance jadi podium pertama saya di luar Indonesia, jadi saya senang banget," tukasnya.

Simak Video "Comeback, Napoli Sukses Bungkam Benevento 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com