detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 27 Jul 2019 18:31 WIB

Meski Cedera, Andi Gilang Siap Tampil di Suzuka 8H Endurance

Nugraha - detikSport
Andi Gilang siap tampil di Suzuka Endurance 8 Hours meski cedera (Nugraha/detikSport) Andi Gilang siap tampil di Suzuka Endurance 8 Hours meski cedera (Nugraha/detikSport)
Suzuka - Andi Gilang memang mengalami cedera saat sesi kualifikasi Suzuka 8H Endurance. Tapi, Andi menegaskan cedera itu takkan menghalangi penampilannya.

Andi Gilang akan mewakili Indonesia bersama tim Honda Asia Racing Team di kancah dunia. Rider didikan Astra Honda Motor itu akan tampil di Suzuka 8 Hours Endurance, Minggu (28/7/2019).

Dalam babak kualifikasi kemarin, Andi Gilang mengalami crash di sektor tiga sirkuit legendaris tersebut. Akibatnya, ia mengalami dislokasi pada bagian kelingking sebelah kanan. Sempat diragukan untuk tampil, namun Andi Gilang siap kembali ke lintasan usai menjalani pengobatan.

"Kalau dari dokter boleh balapan, coba nanti dicoba benar-benar mampu atau tidak. Kalau sprint race mungkin lebih sakit dari ini tapi cepet, kalau ini kan endurance," katanya saat ditemui di paddock Honda Asia Racing Team.






Ada berbagai modifikasi dalam persiapan Gilang tampil, salah satunya adalah dari gloves yang dibuat lebih besar di bagian kelingking sebelah kanan. Meski masih merasa nyeri, Gilang yakin bisa tampil maksimal.

"Katanya besok mendung, tapi nggak sampai hujan. Kalau buat Gilang, kondisi hujan gini lebih gampang daripada kondisi kering," tuturnya.

Ini merupakan kali kedua Gilang tampil di ajang tersebut. Ia berada satu tim bareng Zaqhwan Zaidi dan Somkiat Chantra. Tahun lalu, mereka berhasil finis ketujuh.

Balapan Endurance 8H ini berbeda dengan kompetisi 4H, dimana setiap pebalap bisa mengganti ban. Strategi pemakaian ban pun bukan masalah utama. Sebab dari satu jam para pebalap tampil, mereka bebas keluar masuk pit stop.




Bagi Gilang, ajang itu juga punya sensasi berbeda. Selain ketahanan pebalap, ia juga bisa naik step ke kelas 1.000cc.

"Endurance itu ikut cuma satu kali setahun, beda banget dari balap sprint, dari persiapan sih sama saja. Tapi aura pas balapan berbeda banget karena bisa balapan sama banyak nama besar," ungkapnya.

Gilang bakal satu lintasan dan bersaing dengan nama-nama besar di dunia balap motor, seperti Stefan Bradl hingga Sylvain Guintoli yang merupakan rider tes Honda dan Suzuki di MotoGP.




Simak Video "Perkenalkan Jagoan Anyar Honda di Kelas Naked Sport, CB150 Verza"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com