detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 28 Jul 2019 20:25 WIB

Jonathan Rea Jatuh Jelang Finis, Yamaha Juara Suzuka 8 Hours

Nugraha - detikSport
Foto: Nugraha/detikSport Foto: Nugraha/detikSport
Suzuka - Suzuka 8 Hours Endurance berlangsung menarik sejak start. Di antaranya momen Jonathan Rea terjatuh semenit jelang finis, dan Yamaha yang keluar sebagai juara.

Cuaca cerah sejak siang membuat para pebalap dari 64 tim tanpa halangan melintas di Sirkuit Internasional Suzuka, Minggu (28/7/2019). Dari puluhan pebalap, ada beberapa tim saja yang bisa bersaing di tempat teratas.

Yamaha Factory Racing Team, yang digeber Nakasuga Katsuyuki, Alex Lowes dan Michael Van Der Mark--sebagai peraih pole position, langsung memimpin race. Rider pertama yang turun ke lintasan adalah Lowes.


Sementara di tempat kedua, Kawasaki Racing Team Suzuka 8H yang di dalamnya diperkuat Halsam Leon, Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea, juga tampil gemilang di awal balapan.

Stefan Bradl, yang mewakili Red Bull Honda, juga turun terlebih dahulu dari kedua rekannya, Takumi Takahashi serta Ryuichi Kiyonari. Sedangkan Yoshimura Suzuki Motul Racing diperkuat Sylvain Guintoli, Yukio Kagayama dan Kazuki Watanabe.

Guintoli sebenarnya sempat memimpin balapan di putaran-putaran awal. Ia berhasil menang saat bertarung dengan nama-nama di atas.

Tak banyak perubahan berarti hingga puluhan putaran dalam balapan sepanjang 8 jam tersebut. Namun, saat-saat yang paling krusial terjadi ketika Jonathan Rea memimpin balapan di akhir-akhir perlombaan.

Pebalap World Superbike itu jauh meninggalkan pesaingnya dari Yamaha di tempat kedua. Rea bahkan sampai memimpin sekitar 16 detik, satu menit sebelum selesai, Rea justru mengalami kecelakaan.




Motornya terseret hingga ke gravel setelah melindas oli di lintasan itu. Usai kecelakaan itu, bendera merah pun dikibarkan. Tim Kawasaki di pit terlihat melakukan selebrasi, padahal sebelumnya raut kekecewaan terlihat begitu jelas dari wajah mereka.

Namun ternyata, akhirnya sudah diputuskan Yamaha Factory Racing yang menjadi juara, disusul tim Red Bull Honda dan F.C.C TSR Honda France. Meski demikian, Tim Kawasaki tetap berhak menjadi juara dunia Endurance World Championship (EWC).

Simak Video "Michael van der Mark, Sosok Pengganti Rossi di GP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com