detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 14 Agu 2019 16:59 WIB

Jabar Bidik Juara Umum di PON 2020 Papua

Mukhlis Dinillah - detikSport
Foto: Mukhlis Dinillah/detikSport Foto: Mukhlis Dinillah/detikSport
Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mematok target juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Anggaran pembinaan Rp 40 miliar dikucurkan pemerintah untuk mendukung persiapan kontingen Jabar.

PON Papua dilangsungkan 9-21 September dengan menyuguhkan perebutan medali emas di 38 cabang olahraga. Jabar tampil sebagai juara bertahan.

RK, sapaan Ridwan Kamil, menyebut Jabar wajib mempertahankan gelar juara umum PON. Target tersebut selaras dengan slogan Jabar Juara yang menjadi ciri khas pemerintahannya.

"Ini harus menjadi pembuktian bahwa slogan Jabar juara bisa hadir pada puncaknya, yakni ada di perhelatan PON, di mana di PON ke-19 kita juara umum. Insyaallah 2020 (Papua) kita juara umum, 2024 terus juara umum oleh kebersamaan kita," kata RK saat memberikan pengarahan terhadap kontingen Jabar di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (14/8/2019)..


Ia menginstruksikan kepada KONI Jabar agar menyiapkan atlet-atlet Jabar semaksimal mungkin. Dia meminta agar setiap pengurus cabang olahraga memaksimalkan waktu yang tersisa menuju PON 2020.

Dari perhitungan saat ini, Jabar bisa menjadi juara umum PON 2020 dengan mengoleksi 165 medali emas. Target itu diberikan RK dengan memberikan kucuran dana sebesar Rp 40 miliar tahun ini.

"Insyaallah target kalau tak ada halangan 165 medali emas. Kalau ini tercapai dengan kerja keras Insyaallah semangat Jabar Juara mewujud puncaknya melalui kemenangan PON ke 20," dia menuturkan.

"Dan tentulah Pemprov akan memaksimalkan apresiasi. Dana pembinaan juga sudah cair, akan dimanfaatkan maksimal untuk pembinaan persiapan PON Rp 40 miliar," ujar RK.

Dalam arahan tersebut, sejumlah cabang olahraga melakukan demonstrasi di hadapan pejabat Pemprov Jabar dan atlet-atlet lain. Mulai dari cabor wushu, binaraga, taekwondo, karate, pencak silat, judo.



Simak Video "Tinjau Stadion Papua Bangkit, Jokowi: Fokus jadi Provinsi Sepakbola dan Atletik"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED