detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 17 Agu 2019 15:32 WIB

Jakpro Usulkan Rio Haryanto dan Sean Gelael Ikut Formula E

Dwi Andayani - detikSport
Rio Haryanto diusulkan ikut dalam balapan Formula E 2020 di Jakarta. (Foto: Charles Coates/Getty Images) Rio Haryanto diusulkan ikut dalam balapan Formula E 2020 di Jakarta. (Foto: Charles Coates/Getty Images)
Jakarta - BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengusulkan dua pebalap Indonesia untuk ikut Formula E 2020 di Jakarta. Mereka adalah Rio Haryanto dan Sean Gelael.

Indonesia diwacanakan bakal menggelar balapan Formula E 2020, usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta akan menjadi tuan rumahnya. Trek yang dipakai adalah sirkuit jalan raya Ibu Kota.

Jakpro, yang ditunjuk menjadi pengelola balapan, mengajukan Rio dan Sean menjadi pebalap Formula E dengan status wild card. Keduanya akan direkomendasikan karena punya pengalaman di level internasional.

Rio pernah membalap di Formula 1 2016 bersama Manor Racing. Adapun Sean Gelael kini sedang bersaing di Formula 2 bersama Prema Racingtrio.


Sean GelaelSean Gelael Foto: dok.Sean Gelael


"Saya lagi mau menegosiasikan mereka untuk dua pembalap Indonesia mendapat wild card. Ini belum saya ungkapkan, wild card untuk ikut kompetisi di situ. Mobilnya mobil mereka, dan itu biasanya kalau tuan rumah bisa," ujar Dirut BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto, di Pulau D Reklamasi, Sabtu (17/8/2019).

"Itu adalah Rio Haryanto. Dulu pembalap formula 1 dan dia bisa membalap di formula 2, 3, 4 atau Formula E. Kedua adalah Sean Galael, itu kan dia Formula 2, yang sekarang di formula disponsori oleh Pertamina. Nah itu nanti saya mau ikutkan," kata Dwi.

Dwi menilai, Formula E setara dengan balapan Formula 2 atau Formula 3. Sehingga menurutnya, Rio dan Sean dirasa bisa mengikuti Formula E bila diberikan wild card.




"Formula E itu memang kelasnya di bawah Formula 1, artinya Formula E itu setara dengan formula 2 atau 3. Sehingga nanti, karena Formula 2 sama dengan formula E, jadi pasti bisa kalau mereka mau memberikan wild card," jelas Dwi.

Untuk mengupayakan Rio dan Sean, Dwi akan berusaha mencari sokongan dana. Beberapa perusahaan BUMN pun ia sebutkan, agar bisa membantu kedua nama yang direkomendasikannya.

"Dalam hal sponsor, bisa saja kami mengajak Pertamina, gitu tekniknya. PLN sudah pastilah kami ajak, mudah-mudahan mau. Tapi banyaklah ada bank-bank BUMN, industri otomotif, Astra dan saya juga sounding dengan beberapa teman dari IMI, dari WALHI," ungkapnya.




Simak Video "Resmi! Formula E Digelar di Jakarta 6 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dwia/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com