detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Agu 2019 01:17 WIB

SEA Games 3 Bulan Lagi, Pelatnas Renang Masih Tanda Tanya

Mercy Raya - detikSport
Tiga bulan jelang SEA Games 2019, I Gede Siman Sudartawa masih menunggu kejelasan pelatnas renang (Foto: Agung Pambudhy) Tiga bulan jelang SEA Games 2019, I Gede Siman Sudartawa masih menunggu kejelasan pelatnas renang (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Perenang andalan Indonesia I Gede Siman Sudartawa pasrah dengan kondisi pemusatan latihan nasional renang yang belum berjalan maksimal. Padahal SEA Games 2019 tinggal tiga bulan lagi.

Jika dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya, yang telah melakukan persiapan sejak beberapa bulan lalu, renang sampai kini belum menjalankan pelatnas dengan optimal. Beberapa perenang andalannya masih berlatih bersama klubnya masing-masing.

Tak terkecuali Siman yang hingga kini masih fokus berlatih di klubnya, Millenium Aquatic, di kawasan Cikini, Jakarta. Padahal, SEA Games akan bergulir tiga bulan lagi, tepatnya mulai 30 November.

"Sekarang masih di Jakarta, klub sendiri, Millenium, masih sama seperti yang dulu. Sekarang masih menunggu kabar untuk ke Amerika. Setelah Asian Games saya masih di klub. Katanya sih Pelatnas segera dilanjutkan, sampai sekarang belum tahu bagaimana," kata Siman ketika ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (19/8/2019).


Tidak hanya pelatnas, rencana mengirim Siman ke Amerika Serikat untuk training camp saja sampai saat ini belum terlaksana. Padahal, janji-janji itu sudah muncul sejak April lalu.

Peraih medali emas SEA Games 2017 nomor 50 meter gaya punggung ini merasa ada ketidakseriusan dari pemerintah dan induk federasi cabang olahraga terkait persiapan menuju multiajang olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut. Padahal SEA Games juga penting untuk atlet.

"Ya, ada rasa yang masih setengah-setengah buat SEA Games ini karena dari SEA Games 2017 itu lumayan persiapannya satu tahun. Sekarang, meski kami sudah latihan sendiri, tetapi training campnya sendiri kan tidak tahu kapan. Saya juga masih menunggu, katanya September," ujar Siman.

"Hal ini juga berpengaruh sekali karena kami punya target sendiri di SEA Games ini. Juga, kami melihatnya untuk Olimpiade, kami bisa tahu lawannya dan sudah sejauh mana mencapai kualifikasi Olimpiadenya. Sebab, SEA Games juga termasuk peak Olimpiade untuk seluruh negara di Asia Tenggara," dia menjelaskan.

"Sekarang kurang dari tiga bulan, ya mepet dong," ujar atlet berusia 24 tahun ini.

Beruntung bagi Siman, walau bersama klub, dia masih bisa melakoni uji coba internasional bertajuk Kejuaraan Renang Hong Kong Terbuka pada awal Agustus lalu. Dari catatan waktu disebutnya juga lebih baik.

"Badannya sudah siap lagi kemarin sempat gemuk. kemarin tanding di Hong Kong lumayan bagus di nomor lomba 50 meter gaya punggung catatan waktunya 25, 70 detik. Sedangkan, di nomor 100 meter masih di sekitar 56 detik. Sebenarnya masih kurang dan berusaha untuk mengejar lagi. Semoga bisa dapat catatan waktunya lebih kecil," ujar dia.



Simak Video "This or That, Siman Pilih Nikita Mirzani atau Nikita Willy?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com