detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 24 Agu 2019 05:41 WIB

Pencak Silat Bakal Dipertandingkan di ONE Championship

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Pencak silat rencananya akan dipertandingkan di ajang ONE Championship (detikSport) Pencak silat rencananya akan dipertandingkan di ajang ONE Championship (detikSport)
Jakarta - Bakal ada nomor pertandingan baru ONE Championship. Rencananya pencak silat akan dipertandingkan di ajang beladiri campuran tersebut.

Pencak silat memang tengah naik daun sebagai olahraga asli Indonesia. Ini menyusul keberhasilan pencak silat meraih 16 medali emas di Asian Games 2018, terbanyak di antara cabang olahraga lainnya.

Meski demikian, pencak silat memang belum terdengar gaungnya hingga ke mancanegara. Oleh karenanya prestasi apik di Asian Games lalu bisa dijadikan titik awal untuk lebih memperkenalkan olahraga tersebut.

Nah, ONE Championship sebagai salah satu olahraga tarung bebas yang lagi booming di Tanah Air punya cara untuk menaikkan pamor pencak silat. Salah satunya adalah dengan rencana memasukkan pencak silat dalam kategori pertandingan.






"Kami selalu memandang Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting bagi kami. Mengembangkan industri seni bela diri di Indonesia telah lama menjadi salah satu prioritas kami. Menyatukan orang-orang dalam merayakan nilai-nilai kehormatan Asia yang sejati, integritas, kerendahan hati, rasa hormat, keberanian, disiplin, dan belas kasih adalah inti dari semua yang kami lakukan," tutur CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong, dalam rilis kepada detikSport.

Sityodtong ingin pencak silat nantinya menginspirasi anak-anak muda Indonesia untuk bisa belajar ilmu beladiri asli Tanah Air tersebut. Sebab, dia merasa pencak silat tak cuma menampilka kompetisi, tapi juga menggali nilai-nilai sejarah dan kehidupan.

Memang porsi penayangannya tidak akan sebesar Mixed Martial Arts (MMA), Kickboxing, atau Thaiboxing yang merupakan jualan utama ONE Champions, tapi pencak silat diharapkan bisa menjadi penyegaran bagi penonton Indonesia dan Asia Tenggara.

"Ada rencana untuk meresmikan silat dalam program tayangan ONE Championship. Tapi, mengingat tayangan utamanya adalah MMA, yang merupakan fondasi fundamental ONE, jadi mungkin porsinya tidak sebesar MMA atau bela diri lain," sambung Chatri.






Di saat bersamaan, Wakil Presiden ONE Championship, Miesha Tate, mengharapkan dengan konsep yang diusung nantinya bisa menjaring lebih banyak penonton Indonesia yang tertarik dengan pencak silat. Apalagi ini sejalan dengan keinginan ONE Championship yang selalu mencari keaslian dalam setiap tayangan mereka.

"Konsep bela diri Asia berbeda dengan bela diri Barat. Kami mencari autentisitas. Berbeda dengan UFC yang menonjolkan drama dan tidak berkeanjutan. Misalnya, saat McGregor bertanding maka penonton mereka sangat banyak. Tapi, hal sebaliknya terjadi jika dia tidak bertanding. Kami tidak mencari yang seperti ini," ucap Tate.




Simak Video "Seribu Pendekar Gelar Silat On The Sea di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com