detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 27 Agu 2019 22:46 WIB

Eki Febri Bawa Oleh-oleh Perunggu dan Peningkatan Performa dari Korsel

Mercy Raya - detikSport
Eki Febri Ekawati meraih medali perunggu dari uji coba di kejuaraan Korea Selatan.  (dok. pribadi) Eki Febri Ekawati meraih medali perunggu dari uji coba di kejuaraan Korea Selatan. (dok. pribadi)
Jakarta - Atlet tolak peluru putri, Eki Febri Ekawati, berhasil merebut medali perunggu dari Kejuaraan Internasional Atletik di Korea 2019. Dia juga menunjukkan perbaikan jarak tolakan.

Eki menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang dikirim ke Kejuaraan 2019 Mokpo International Athletics Throwing Meeting di Mokpo, Korea Selatan, yang berlangsung 22-26 Agustus. Dia mendapat undangan dari federasi atletik Negeri Ginseng itu dan direspons sebagai salah satu ajang uji coba sebelum terjun di SEA Games 2019 Filipina.

Hasilnya, Eki mampu meraih medali perunggu setelah mencatatkan tolakan terjauh 15,02 meter. Tolakan itu meningkat ketimbang pada saat dia tampil di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2019. Peraih medali emas SEA Games 2017 itu membuat tolakan terjauh yakni 14,39 meter di ajang yang bergulir di Stadion Pakansari, Cibinong yang berakhir 7 Agustus.

Sementara itu, medali emas dan perak diraih atlet tuan rumah, Jeong Yusun dengan tolakan sejauh 16.23 meter dan Lee Soojung dengan tolakan sejauh 16.03 meter.


"Untuk catatan tolakan memang lebih baik dibandingkan dengan Kejurnas. Tetapi hasil ini belum memuaskan, ya masih harus berjuang lagi memperbaiki diri," kata Eki kepada detikSport, Selasa (27/8/2019).

Eki menyebut utamanya soal minimnya sparring partner dirinya selama mempersiapkan diri menjelang pertandingan.

"Ya, negara Asia sparring partner internal saja banyak, kalau kami di dalam Timnas sendiri tidak banyak. Contohnya saja China, di antara mereka saja harus bersaing ketat. Nah, di Indonesia sendiri yang pelatnas peluru saya saja. Tak ada sparring partner-nya,"dia menjelaskan.

"Jadi sebenarnya dengan ikut kejuaraan ini menjadi salah satu cara mengakali sparring partner juga," ujar atlet asal Jawa Barat ini.

Eki sendiri masuk dalam pemusatan latihan nasional PASI menuju SEA Games 2019 di Filipina. Eki optimistis dirinya bisa mempertahankan medali emasnya di multiajang olahraga tersebut.

"Untuk persiapan tiga bulan terakhir ini sebelum SEA Games fokus di perbaikan dan pematangan teknik saja," katanya.



Simak Video "Peraih Perunggu SEA Games 1976 Dibuat Tersenyum oleh Menpora "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com