detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Agu 2019 17:31 WIB

Banjarmasin Jadi Tuan Rumah Puncak Hari Olahraga Nasional 2019

Faidah Umu Sofuroh - detikSport
Foto: Faidah Umu Safuroh Foto: Faidah Umu Safuroh
Jakarta - Kemenpora kembali menyelenggarakan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digelar pada 4-9 September 2019 mendatang. Berbeda dari tahun sebelumnya, puncak Haornas 2019 akan diadakan di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta menerangkan pemilihan Banjarmasin sebagai tuan rumah puncak Haornas karena perayaan Haornas belum pernah diadakan pulau Borneo.

"Kalimantan Selatan itu terkenal dengan olahraga dayung, jadi kita ingin melakukan branding olahraga air. Nanti panggungnya juga di atas Sungai Martapura menggunakan tongkang-tongkang," ungkapnya di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Jumat (30/8/2019).


Haornas 2019 mengusung tema #ayoolahraga #dimanasajakapansaja. Dengan tema ini, Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Jangan sampai, lanjutnya, ada alasan tidak sempat berolahraga, karena olahraga bisa dimulai dari gerakan-gerakan yang kecil.

Pada rangkaian Haornas tahun ini, akan ada praevent pada 4-8 September yang menghadirkan bazaar yang berasal dari UMKM daerah. Pada 7-8 September, akan digelar seminar e-sport di hotel Rattan Inn.


Kemudian pada 8 September akan ada Gowes Nusantara sekaligus sosialisasi senam SKJDULS. Lalu dilanjutkan dengan pemecahan rekor MURI untuk olahraga karate yang diperagakan oleh 5.000 lebih karateka yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Tak hanya itu, tambahnya, akan ada 23 atlet berprestasi dan tokoh olahraga yang akan mendapatkan penghargaan pada event ini. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

"(Bentuk penghargaannya) ada yang berupa uang, ada yang berupa sertifikat, ada juga yang beasiswa. Nominasi sudah ditentukan. Dan sebenarnya yang diberikan penghargaan lebih dari itu, cuma nanti yang ditampilkan di panggung hanya 23 karena keterbatasan waktu," tutupnya.

Simak Video "Imam Nahrawi: Saya Mohon Pamit dari Kemenpora"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com