detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Agu 2019 18:17 WIB

Kemenpora Angkat 3 Artis Jadi Duta Gerakan Olahraga

Faidah Umu Sofuroh - detikSport
Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Jakarta - Menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas), Kemenpora akan mengadakan puncak perayaan di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mengusung tema #ayoolahraga #dimanakapansaja, Kemenpora ingin mengajak masyarakat melakukan olahraga sebagai gaya hidup.

Kemenpora juga melantik 3 Duta Ayo Olahraga yang berasal dari kalangan publik figur. Ketiga duta tersebut antara lain, Uya Kuya, Ussy Sulistyowati dan Arafah Rianti.

Ketiga Duta Ayo Olahraga ini sengaja dipilih dari kalangan publik figur yang memiliki pengaruh cukup besar di masyarakat. Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta berharap masyarakat akan lebih termotivasi lagi untuk berolahraga dengan ajakan dari para publik figur ini.

"Harapannya kan dengan ajakan dari artis-artis ini masyarakat jadi lebih tergerak (untuk berolahraga) dibandingkan kalau saya yang meminta," ujarnya di Auditorium Wisma Kemenpora, Jumat (30/8/2019).


Uya Kuya pun menceritakan bagaimana dirinya berolahraga di tengah kesibukan dan kepadatan aktivitas kariernya. Ia mengatakan, dirinya merupakan tipe orang yang sulit diajak olahraga dengan alasan sibuk. Namun belakangan ini, ia merasa badannya sedikit segar karena olahraga yang dilakukannya setiap hari.

"Ternyata olahraga itu bisa dilakukan dengan hal-hal yang simpel. Jadi, tiap hari saya tiap hari melakukan hal-hal yang kecil dan itu merubah sesuatu yang besar dalam hidup saya. Saya tiap pagi itu cuma naik turun tangga aja tiap sebelum mandi itu sudah seger," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa ada cara supaya olahraga yang ia lakukan tidak terasa membosankan. Bapak dua anak ini bercerita bahwa dia sering nge-gym sembari melakukan hobinya yaitu bekerja.

"Saya tuh hobinya nelfon, kerja, akhirnya saya treadmill atau naik sepeda statis sambil nelfon kerjaan sampai akhirnya nggak berasa udah berapa ratus kalori udah terbakar," tuturnya.

Ussy Sulistyowati juga melakukan kegiatan olahraga dengan hal-hal yang sederhana bersama anak-anaknya. Hanya dengan modal tutorial dari YouTube, Ussy bisa berolahraga bersama anak sulungnya yang sudah beranjak remaja.

Tak hanya itu, ibu 4 anak ini juga kerap mengajak anak-anaknya berolahraga dengan berjalan-jalan di mall. Anak bungsunya yang masih 2 tahun juga menjadi salah satu 'alatnya' untuk berolahraga.


"Jadi aku membiasakan gendong anak sendiri. Itung-itung olahraga. Lumayan kan 17 kg kita gendong, jalan keliling mall juga, jadi dari hal-hal yang simpel seperti itu tadi juga bisa masuk olahraga," ujarnya.

Seorang komika milenial, Arafah Rianti, juga mengaku sering berolahraga. Akhir-akhir ini dia suka melakukan olahraga kekinian yaitu naik gunung bersama kawan-kawannya. Dengan cuitan-cuitan lucu, dia menceritakan olahraga apa saja yang dia lakukan.

"Saya suka tuh olahraga yang kekinian kaya naik gunung. Tapi kalo di rumah paling saya main bola, di PS4. Atau paling kalo yang simpel itu jalan, jalanin dulu jadian kagak," katanya diiringi gelak tawa.

Ketiga Duta Ayo Olahraga ini sengaja dipilih dari kalangan publik figur yang memiliki pengaruh cukup besar di masyarakat. Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta berharap masyarakat akan lebih termotivasi lagi untuk berolahraga dengan ajakan dari para publik figur ini.

"Harapannya kan dengan ajakan dari artis-artis ini masyarakat jadi lebih tergerak (untuk berolahraga) dibandingkan kalau saya yang meminta," tutupnya.

Simak Video "Kisah Koko Batal Paskibra Jadi Pembaca UUD di Kemenpora"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com