detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 30 Agu 2019 23:00 WIB

Ratusan Atlet Ambil Bagian di CCI Series Bupati Cup Gunungkidul 2019

Pradito Rida Pertana - detikSport
Gunung Kidul - Ratusan pembalap sepeda akan unjuk kebolehan dalam lomba bertajuk Customs Cycling Indonesia (CCI) XXIX Series Bupati Cup Gunungkidul V tahun 2019. Lomba yang berlangsung sejak hari ini sampai besok Minggu (31/8/2019) ini diikuti puluhan tim yang dari Indonesia dan mancanegara.

Mochamad Ircham, selaku bidang teknis dalam lomba CCI series mengatakan, bahwa gelaran tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2010. Di mana dalam satu tahun pihaknya menggelar 3 series dan Gunungkidul masuk dalam seri ke-29.

"Pesertanya ada 171 orang, 63 tim dam mereka berasal dari seluruh Indonesia maupun luar negeri. Dari luar negeri ada 3 tim asal Malaysia," katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (30/8/2019) malam.

Ircham melanjutkan, perlombaan tersebut telah dimulai sejak hari ini dan berakhir besok Minggu (1/9/2019). Ia menyebut ada 3 kelas yang dilombakan dalam CCI XXIX Series Bupati Cup Gunungkidul V tahun 2019. Selain itu terdapat 6 kelompok dalam lomba tersebut.

Adapun kelompok tersebut terdiri dari Man Elite untuk usia 19 tahun ke atas, Man and Woman Elite untuk usia 19 tahun ke atas, Man and Woman Junior untuk usia 17-18 tahun dan yang terakhir Man and Woman Youth untuk usia 16 tahun ke bawah.




"Nomor yang dilombakan terdiri dari individu time trial, criterium dan terakhir individu road race. Hari ini individu time trial, rutenya tadi (start dari) simpang empat (Kecamatan) Semanu dan finish di tanjakan Desa Bedoyo (Kecamatan Ponjong)," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Gunungkidul menjadi tempat berlangsungnya CCI XXIX series karena memiliki rute yang sangat menantang bagi peserta. Di mana terdapat jalan menanjak, turunan, tikungan dan yang paling penting kondisi jalan raya di Gunungkidul bagus dan lebar.

"Untuk besok (Sabtu 31 Agustus) criterium dan start dari taman Kota Alun-alun (Wonosari) mulai jam 7 pagi sampai jam 11 siang. Terus hari terakhir (Minggu) itu road race dengan garis start di depan Kantor Desa Plembutan (Kecamatan) Playen," imbuh Ircham.

Dia menambahkan, bahwa gelaran CCI series bertujuan untuk menemukan bibit baru atlet balap sepeda. Selain itu mengajak generasi milenial untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif seperti bersepeda.

"Tujuannya sudah jelas, bagaimana generasi muda kita itu punya prestasi di bidang olahraga balap sepeda, dan di samping itu dengan kegiatan lomba seperti ini anak-anak kita terhindar dari narkoba. Istilahnya, dengan kegiatan positif bisa menhindari narkoba dan kedepannya bisa mendulang prestasi nasional dan internasional," pungkasnya.






Simak Video "Bupati Tegal Diteror, Mobil Dinasnya Dibakar Pria Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com