detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 01 Sep 2019 08:29 WIB

Kecelakaan Parah di F2 Belgia Renggut Nyawa Anthoine Hubert

Putra Rusdi K - detikSport
nthoine Hubert meninggal dunia pasca kecelakan di balapan F2 GP Belgia (Foto: Charles Coates/Getty Images) nthoine Hubert meninggal dunia pasca kecelakan di balapan F2 GP Belgia (Foto: Charles Coates/Getty Images)
Liege - Kecelakaan parah terjadi pada gelaran F2 seri Belgia di sirkuit Spa-Francorchamps. Insiden ini mengakibatkan pebalap Anthoine Hubert meninggal dunia.

Balapan F2 Belgia berlangsung pada Sabtu, (31/8/2019). Memasuki lap kedua terjadi kecelakaan yang melibatkan tiga pebalap.

Dikutip dari Independent, insiden ini bermula ketika, Hubert kehilangan kendali mobilnya dan menabrak dinding pembatas. Saat mobilnya kembali ke lintasan dari belakang melaju mobil Juan Manuel Correa yang berusaha menghindari mobil Guiliano Alesi.






Tabrakan pun tal terhindarkan. Kerasnya benturan membuat mobil Hubert terbelah menjadi dua bagian. Sementara mobil Correa terpental hingga terbalik dengan bagian depan rusak parah.

Red Flag kemudian dikibarkan dan balapan diputuskan untuk ditunda. Para pebalap yang terlibat kecelakaan langsung mendapatkan penanganan medis.

Namun satu setengah jam setelah insiden tersebut, Hubert meninggal dunia. Kabar duka ini disampaikan oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Federasi Internationale de l'Automobile (FIA) dengan rasa duka memberi tahu bahwa insiden serius melibatkan mobil nomor 12, nomor 19 dan nomor 20 terjadi pada pada pukul 17:07, Sabtu (31/08/19). Insiden ini terjadi dalam Balapan Formula FIA 2 di Spa-Francorchamps, pada seri ke-17 musim ini," jelas pihak FIA dikutip dari Independent.

"Setelah kejadian itu kru medis dan petugas keadaan darurat datang menolong. Semua pengemudi dibawa ke medical centre."

"Sebagai akibat dari insiden itu, FIA dengan sangat menyesal harus menginformasikan bahwa pengemudi mobil nomor 19, Antoine Hubert meninggal karena cedera pada pukul 18:35," jelasnya.






FIA juga menambahkan bahwa kondisi Correa saat ini cukup stabil. Mereka dikabarkan telah memulai penyelidikan terkait insiden ini.

"Pengemudi mobil nomor 12, Juan-Manuel Correa dalam kondisi stabil dan sedang dirawat di rumah sakit CHU Liege. Informasi lebih lanjut tentang kondisinya akan segera dikabarkan," terang FIA.

"Pengemudi mobil nomor 20 Giuliano Alesi telah melakukan pemeriksaan di pusat kesehatan dan dinyatakan fit. FIA memberikan dukungan kepada penyelenggara acara dan otoritas terkait, dan telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut."

Karena kecelakaan ini, balapan feature langsung dibatalkan dan begitu pula dengan sprint race, Minggu (1/9/2019) sore WIB nanti.




Simak Video "Aksi Ciamik Ansu Fati dan de Jong Lawan Valencia"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com