detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Sep 2019 13:58 WIB

Terungkap! Penyebab Lalu M Zohri Sulit Pulih dari Cedera: Cacingan

Mercy Raya - detikSport
Lalu Muhammad Zohri sempat cacingan. (Agung Pambudhy/detikSport) Lalu Muhammad Zohri sempat cacingan. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Kondisi sprinter nasional, Lalu Muhammad Zohri, sempat terganggu menuju Kejuaraan Dunia Atletik 2019. Dia cacingan.

Zohri dibekap cedera lutut hingga batal tampil pada Asian Athletics Grand Prix seri kedua di Chongqing, China pada 8 Juni. Cedera itu sudah membekap Zohri sebelum berangkat, namun diputuskan tetap terbang ke Negeri Bambu itu. Tapi rupanya, cedera kambuh setelah tiba di Chongqing.

Proses penyembuhan terganggu. Ketua PB PASI, Bob Hasan, menyebut gangguan pemulihan itu karena Zohri cacingan. Bob bilang Zohri cacingan usai pulang kampungnya ke Lombok Utara. Dia mudik tepat setelah bertanding di Osaka, Jepang pada Mei 2019. Saat berada di rumah, dia kembali ke kebiasaan lama; tak mencuci tangan dan ke mana-mana tanpa alas kaki.

Tanda-tanda juara dunia junior 2018 itu cacingan terdeteksi saat mengalami cedera lutut kiri. Sudah mendapatkan penanganan, namun Zohri tak kunjung sembuh. Ternyata, nutrisi yang masuk ke tubuhnya tak optimal mengobati sel rusak karena Zohri cacingan.


"Jadi dia makan tak cuci tangan, kemudian di kampung tak pakai sepatu. Dari sana masuk (awalnya)," kata Bob saat mengecek langsung kesiapan para atletnya di Stadion Madya, Senayan, Selasa (3/9/2019).

Senada dengan Bob, manajer tim Kejuaraan Dunia, Ikki Hasan, mengatakan Zohri memperlihatkan gerakan yang kurang sempurna selama latihan dan tak jujur soal kondisinya.

"Terdeteksinya saat dia pulang dari Lombok, semua dicek. Tidak semau atlet, tapi rata-rata yang cedera kami cek dan 100 persen yang cedera itu cacingan," kata Ikki dalam kesempatan yang sama.

"Jadi, apa yang dia makan bukan untuk mengobati cederanya, tapi (makanan untuk) cacingnya. Vitaminnya juga berkurang," dia mengungkapkan.

"Tapi, sekarang sudah dibersihkan semua," Bob menimpali.

Kini, kondisi Zohri telah membaik. Dengan sudah pulihnya Zohri dari cacingan, kini PB PASI tinggal berfokus menjalani persiapan akhir menuju Kejuaraan Dunia Atletik mulai 27 September hingga 6 Oktober 2019 di Doha. Termasuk, menyiasati perjalanan di pesawat dan mencegah agar cedera Zohri tak kambuh lagi.

"Di bandara dia jalan tidak terlalu jauh, tidak terlalu capek, pada saat di pesawat dia harus mengenakan celana ketat supaya tidak terkena hamstring, memastikan dia tidak terlalu dingin, ya lebih ke pencegahan," Ikki menjelaskan.

"Kenyamanan dan keamanan dia jelang pertandingan dan sesudah pertandingan. Sampai saat ini, Zohri dalam kondisi fit. Makanya kami betul-betul jaga (tidak hanya Kejuaraan Dunia), insya Allah sampai Olimpiade. Sebab, dia sudah lolos limit juga kan," ujar dia.



Terungkap! Penyebab Lalu M Zohri Sulit Pulih dari Cedera: Cacingan


Simak Video "Cerita Haru Zohri, Juara Dunia Lari yang Latihan Tak Beralas Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com