detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 10 Sep 2019 22:50 WIB

Aqsa Aswar Sabet Gelar Juara di Kejuaraan Jetski Bergengsi di AS

Mercy Raya - detikSport
Aqsa Sutan Aswar juara di Florida (Istimewa) Aqsa Sutan Aswar juara di Florida (Istimewa)
California - Atlet jetski, Aqsa Sutan Aswar, kembali mengharumkan nama Indonesia. Dia baru saja memenangi kejuaraan jetski P1 Aquacross Round-4, di Amerika Serikat.

Kejuaraan tersebut digelar di Pensacola Beach, Florida, AS, 7-8 September. Aqsa menjadi yang terbaik di kelas tertinggi yang dipertandingkan yakni Pro Endurance 300.

Pada kejuaraan yang juga diikuti oleh para jawara jetski kelas dunia tersebut berlangsung sebanyak 4 motto.

Di motto pertama sampai motto ke empat tersebut, Aqsa mampu melesat (hole shoot) pada putaran awal mengungguli pembalap dunia lainnya. Antara lain, Chris Macclugage, Brian Baldwin, Eric Francis, juga Aero Sutan Aswar, yang merupakan kakak kandung Aqsa.






Sampai kemudian, peraih medali emas Asian Games 2018, itu tak terbendung di kejuaraan P1 Aquacross round-4 2019 dan berhasil mencapai nilai tertinggi 67.

Sementara itu, dua pembalap dunia lainnya yakni Brian Baldwin dan Chris Macclugage berada dibawahnya dengan poin yang sama yakni masing-masing 65. Sedangkan Aero, terlempat di peringkat sembilan dari keseluruhan poin, usai mesin jetskinya bermasalah ketika balapan.

Ketua Umum PP IJBA, Saiful Sutan Aswar, mengatakan puas dengan penampilan atletnya Aqsa dan Aero. Meski, keduanya tak memiliki waktu istirahat cukup usai menjalani penerbangan panjang dari Jakarta. Atletnya disebut dia, bisa cepat beradaptasi setibanya di Amerika.






"Mereka datang dan langsung mengikuti balapan tanpa penyesuaian, tetapi mampu memenangkan pertarungan diantara pembalap dunia lainnya," kata Saiful dalam rilis yang diterima detikSport, Selasa (10/9/2019).

Dengan hasil tersebut, pria yang karib disapa Fully ini, mengharapkan bisa menjadi modal dalam kejuaraan dunia World Finals pada Oktober 2019. Rencananya, Aero dan Aqsa akan turun di ajang tersebut.

"Semoga ini menjadi modal untuk balapan jetski ke depannya," demikian dia.




Simak Video "Bahu-membahu Aqsa/Aero Berbuah Medali Emas Jetski"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com