detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Sep 2019 14:27 WIB

Tekad Marciano Perbaiki Wibawa KONI di Mata Olahraga

Mercy Raya - detikSport
2 Bagaimana KONI Bisa Berwibawa Lagi?
Halaman 3 dari 4
Foto: Rengga Sancaya/detikcom

D : Kenapa mesti menuju kemandiriannya?

M: secara bertahap saya ingin membawa KONI mengurangi ketergantungannya kepada pemerintah sehingga dengan cara seperti itu, kami juga harus jalin komunikasi yang baik bumn, daerah, perusahaan swasta yang besar, untuk mereka bisa bekerjasama dengan KONI memajukan olahraga Indonesia.

Sebab, kalau bicara olahraga itu bicara Merah Putih, itu harkat dan martabat Indonesia, kehormatan kita. sehingga olahraga ini harus dikembalikan dengan segala kemampuannya sebagai pemersatu bangsa Indonesia.
Kita harus membuat masy bangga dengan prestasi-prestasi atletnya. Dengan itu, peran KONI besar, dan saya ingin mencapai prestasi itu kontribusi KONI sangat besar.

D: Apa langkah KONI untuk mewujudkan empat poin itu?
M : KONI itu bisa berwibawa, kita harus buat terobosan strategis. Kami beberapa waktu lalu melakukan seminar, saya sampaikan terbosan KONI 2019-2023 menuju kemandiriannya, sehingga dalam terbosan strategi itu, kami merumuskan terobosan itu. Bukan dari top down, tapi saya ajak seluruh cabor, KONI Provinsi, memberikan kontribusi kepada kami bagaimana memajukan olahraga. Kita tak bisa memajukan hanya mengandalkan salah satu kepentingan olahraga. Semisal hanya berharap KONI saja, ke cabor saja, atau Kemenproa saja, tak bisa.

Kita semua harus bersinergi, kami juga melihat regulasi-regulasi yang cenderung menghambat proses pencapaian prestasi itu. Itu yang harus kami pangkas, harus ada garis yang tepat kepada prestasi olahraga itu.

D: Bagaiman bisa berwibawa?
M : Organisasi ini harus diawaki tahu apa yang dikerjakan, yang beri kontribusi positif bagi kemajuan olahraga Indonesia, mereka ini bukan orang yang satu dua tahun olahraga, tapi punya rekam jejak dalam pembinaan prestasi olahraga yang bagus.

Oleh karena itu, saya yakin empat hal itu akan saya capai, dan saya dapat dukungan penuh dari rekan-rekan yang dikepengurusan, serta dapat dukungan penuh dari cabor dan KONI-KONI yang di provinsi supaya kita bisa kembalikan Indonesia ke puncak prestasinya.

Kita baru saja melaksanakan Asian Games dan itu menjadi moment kebangkatan olahraga ini.
Tetapi kita tak boleh puas sampai di sana, masih ada Asian Games berikutnya, olimpiade, sehingga moment kebangkitan olahraga jadi satu pijakan untuk kita bisa melangkah lebih jauh, sehingga harapan Indonesia terhadap prestasi olahraga akan tercapai.
Saya senang dengan kegiatan yang selalu mendorong rakyat Indonesia untuk gemar olahraga.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com